Implementasi Metode Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Di Mi Walisongo Kranji 02 Kabupaten Pekalongan

Sholihati, Ilmi (2024) Implementasi Metode Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Di Mi Walisongo Kranji 02 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319003_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2319003_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena beragamnya problematika yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini disebabkan karena pemahaman awal siswa, selain itu metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan kurang menarik perhatian siswa. Maka dari itu seorang guru harus selektif memilih metode yang tepat. Salah satu metode yang tepat dalam pembelajaran matematika adalah metode make a match. MI Walisongo Kranji 02 Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan metode make a match pada pembelajaran matematika. Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dipengaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran. Pada waktu sekarang masih ada guru yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang ternyata belum bisa meningkatkan motivasi belajar siswa, metode ceramah akan membuat siswa jenuh dan bosan karena hanya mendengarkan penjelasan guru. Metode pembelajaran make a match merupakan metode pembelajaran yang berorientasi permainan. Permainan dalam pembelajaran diperlukan agar siswa tidak jenuh dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran seperti ini juga dapat menumbuhkan rasa ingin tahu anak pada materi yang akan disampaikan. Berdasarkan latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi faktor penghambat dan faktor pendukung metode pembelajaran make a match dengan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV di MI Walisongo Kranji 02 Kabupaten Pekalongan. Pengajian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif data dalam penulisan yang menggunakan data primer dari guru matematika dan peserta didik. Sementara data sekundernya seperti nama siswa dan nilai matematikanya, serta jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara observasi dan dokumentasi serta dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika di MI Walisongo Kranji 02 Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan metode make a match dengan memanfaatkan kartu-kartu sebagai media pembelajaran. Yang mana penggunaan metode ini mampu meningkatkan motivasi terhadap siswa. Faktor pendukung dari implementasi ini diantaranya ketersediaan sumber daya, dukungan wali murid, dan motivasi atau partisipasi dari guru. Sedangkan faktor penghambat dari penerapan metode ini diantaranya yaitu pemahaman awal siswa yang beragam serta kelas menjadi tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNovianti, DirastiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Motivasi Belajar, Metode, Implementasi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:24
Last Modified: 13 Jun 2024 08:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8436

Actions (login required)

View Item View Item