Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Comal

Naafilah, Hana Janaaniy (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620069_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2620069_Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Naafilah, Hana Janaaniy. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Comal. Skripsi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Umi Mahmudah, M.Sc., Ph.D. Kata Kunci: Matematika, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Garis-Garis Sejajar dan Sudut. Matematika sering dianggap sulit oleh peserta didik, menjadikannya salah satu mata pelajaran yang dihindari. Data PISA 2022 menunjukkan Indonesia berada di peringkat 70 dari 81 negara dalam kemampuan matematika, dengan skor 366. Hal ini menunjukkan rendahnya daya nalar, literasi, dan numerik peserta didik Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis. Observasi di SMP Negeri 1 Comal menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi garis-garis sejajar dan sudut. Kesulitan ini dapat diatasi dengan penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dirancang dengan model pembelajaran yang tepat dan menarik, seperti Guided Discovery Learning. Model ini memberikan arahan terstruktur bagi peserta didik untuk menemukan konsep matematika melalui serangkaian pertanyaan dan tugas. Lembar Kerja Peserta Didik tersebut dikembangkan dengan Model 4-D (Four D-Models). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana kevalidan hasil pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning?, 2) Bagaimana kepraktisan hasil pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning?, dan 3) Bagaimana keefektifan hasil pengembangan LKPD berbasis Guided Discovery Learning dalam membantu peserta didik memahami konsep matematis pada materi garis-garis sejajar dan sudut kelas VIII SMP?. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis Guided Discovery Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi garis-garis sejajar dan sudut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik. Validitas LKPD memperoleh skor 61 atau 80.26% dengan kategori “valid” oleh ahli materi, memperoleh skor skor 43 atau 76.78% dengan kategori “valid” oleh ahli media, dan memperoleh skor 52 atau 92.85% dengan kategori “sangat valid” oleh ahli bahasa, hasil validasi dari ketiga ahli secara umum memperoleh skor 82,97% (kategori sangat valid), kepraktisan memperoleh skor 89,69% (kategori sangat praktis), dan efektivitas dengan skor N-Gain 0,4 (kategori sedang). Dengan demikian, LKPD berbasis Guided Discovery Learning dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Comal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Matematika, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Garis-Garis Sejajar dan Sudut.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2024 04:28
Last Modified: 20 Jun 2024 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item