Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII di MTS Syarif Hidayah Doro

Anam, Khilmi (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII di MTS Syarif Hidayah Doro. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2619084_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2619084_Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Anam, Khilmi. 2024. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VII di MTS Syarif Hidayah Doro. Skripsi Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing Abdul Majid, M.Kom. Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa. Hasil belajar siswa kelas VII MTS Syarif Hidayah Doro masih tergolong rendah. Hal ini diperlukan model pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga siswa tidak merasa kesulitan dan merasa bosan dalam pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran tipe think pair share berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII di MTs Syarif Hidayah Doro?, Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran tipe think pair share?. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTS Syarif Hidayah Doro, menganalisis hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran think pair share. Dalam pelaksanaan penelitian, penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal pre-test dan post-test. Analisis data yang diguunakan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji independent simple t-test. Hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional mendapat nilai rata-rata 60,7 dengan nilai terendah 30 dan nilai tertinggi 90. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model think pair share mendapat nilai rata-rata 77,5 dengan nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 90. Dari hasil uji hipotesis menggunakan independent simple t-test didapatkan hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000<0,05. Maka Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model think pair share terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTS Syarif Hidayah Doro.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:08
Last Modified: 20 Jun 2024 06:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item