Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Kelas 3 MI Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang

Afifah, laelatul (2024) Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Kelas 3 MI Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2317040_Cover_Bab I dan bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2317040_Full Text.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Afifah,laelatul. 2024, 2317040. “Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Kelas 3 MI Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Ahmad Aufa Syukron, M.Pd. Kata kunci : Metode Bernyanyi, Minat Belajar Bahasa Arab Mietodie biernyanyi mierupakan mietodie piembielajaran yang mienggunakan syair-syair yang dilagukan, biasanya syair-syair tiersiebut disiesuaikan diengan matieri-matieri yang akan diajarkan olieh piendidik, biernyanyi miembuat suasana bielajar mienjadi riang dan biergairah, siehingga pierkiembangan anak dapat di simulasi siecara liebih optimal. Sedangkan minat belajar adalah dorongan-dorongan dari dalam diri peserta didik secara psikis dalam mempelajari sesuatu dengan penuh kesadaran, ketenangan dan kedisiplinan. Sehingga menyebabkan individu secara aktif dan senang belajar Bahasa Arab. Rumusan masalah dalam hal ini adalah 1) Baigaiimainai Penggunaiain Metode Bernyainyi Dailaim Meningkaitkain Minait Belaijair Bahasa Arab Siswai Kelais 3 di MI Nurul Hidaiyaih Maijailaingu, Kecaimaitain Waitukumpul, Kaibupaiten Pemailaing? 2) Apa Sajai Faiktor Penghaimbait dain Pendukung Penggunaiain Metode Bernyainyi Dailaim Meningkaitkain Minait Belaijair Bahasa Arab Siswai Kelais 3 di MI Nurul Hidaiyaih Maijailaingu, Kecaimaitain Waitukumpul, Kaibupaiten pemailaing? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetaihui Penggunaiain Metode Bernyainyi Dailaim Meningkaitkain Minait Belaijair Bahasa Arab Siswai Kelais 3 di MI Nurul Hidaiyaih Maijailaingu, Kecaimaitain Waitukumpul, Kaibupaiten Pemailaing dan Untuk mengetaihui Faiktor Penghaimbait dain Pendukung Penggunaiain Metode Bernyainyi Dailaim Meningkaitkain Minait Belaijair Bahasa Arab Siswai Kelais 3 di MI Nurul Hidaiyaih Maijailaingu, Kecaimaitain Waitukumpul, Kaibupaiten pemailaing Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Hidayah Majalangu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini,.1) Penggunaan metode bernyani yang di laksanakan di MI Nurul Hidayah Majalangu di ikuti oleh siswa dengan sangat antusias dan membuat siswa lebih mudah memahami materi olahraga ((اَلرِّيَاضَةُ. 2) Faktor pendukungnya yaitu Suasana kelas yang kondusif, Adanya sarana dan prasarana yang memadai, Hubungan yang baik antara guru dan siswa. Dan faktor penghambatnya yaitu “kurangnya kesadaran pada diri siswa dan terkadang ada siswa yang pemalu (introvert).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyukron, Akhmad AufaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Bernyanyi, Minat Belajar Bahasa Arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:46
Last Modified: 20 Jun 2024 08:46
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8490

Actions (login required)

View Item View Item