Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Membaca Dan Upaya Penanganannya Pada Siswa Kelas 1 Di Mi Sullam Taufiq Kajen

Aliyah, Anisatul (2024) Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Membaca Dan Upaya Penanganannya Pada Siswa Kelas 1 Di Mi Sullam Taufiq Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317062_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2317062_FULL TEXT b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Aliyah, Anisatul. 2024. “Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Membaca dan Upaya Penanganannya pada Siswa Kelas I MI di Sullam Taufiq Kajen”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Abdul Mukhlis, M.Pd. Membaca permulaan untuk anak usia Sekolah Dasar merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena hal tersebut akan menjadi dasar bagi peserta didik untuk memahami berbagai macam pengetahuan pada tahap pendidikan selanjutnya di masa yang akan datang. Namun membaca bukanlah suatu kegiatan pembelajaran yang mudah untuk dilakukan. Karena terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apa saja bentuk-bentuk kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen? (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bentuk-bentuk kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen. (2) Untuk mengetahui saja faktor penyebab kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen. (3) Untuk mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen yaitu: 1) kesulitan dalam mengenal huruf dan mengejanya; 2) kesulitan dalam membuat tugas tertulis; 3) membaca lambat, terputus-putus dan kurang tepat; 4) sulit memahami apa yang telah dibaca dan didengar; 5) kurang memahami konsep alfabet dan simbol. Faktor penyebab kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen yaitu: 1) Faktor fisiologis; 2) Faktor intelektual; 3) Faktor lingkungan: a) latar belakang & pengalaman siswa di rumah; b) Sosial Ekonomi Keluarga Siswa; 4) faktor psikologis: a) motivasi; b) minat; c) kematangan sosial, emosi dan penyesuaian diri. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I MI Sullam Taufiq Kajen yaitu: 1) mengelompokkan tempat duduk siswa sesuai dengan tingkat kemampuan membacanya; 2) pembiasaan membaca di awal pembelajaran; 3) pendampingan khusus pada siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kesulitan membaca, faktor penyebab, upaya guru.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:45
Last Modified: 20 Jun 2024 08:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8493

Actions (login required)

View Item View Item