Strategi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Program PAI Di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan

Maula, Iffatul (2024) Strategi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Program PAI Di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120026_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120026_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Program PAI di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Peneltian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa siswa di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan yang memakai seragam dengan model slimfit mulai dari baju dan celana yang ketat hingga rok spandek yang mana hal tersebut sudah menyalahi aturan tata cara berpakaian di sekolah dan berpakaian dalam islam, hal ini menjadi PR bagi pendidik di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan untuk membentuk strategi agar siswa dan siswi menerapkan karakter profil pelajar pancasila sesuai aturan yang ada. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana bentuk karakter profil pelajar pancasila yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan, bagaimana strategi guru PAI dalam membentuk karakter profil pelajar pancasila pada siswa, dan bagaimana implikasi dari pembentuakn tersbut. Adapun tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru PAI di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan ketentuan yang ada pada profil pelajar pancasila, serta mengetahui bentuk karakter profil pelajar pancasila yang ada di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan dan implikasinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti menggunakan analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan lapangan terkait strategi pembentukan karakter pofil pelajar pancasila bebasis PAI di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan telah mengambil langkah-langkah untuk mengintegrasikan karakteristik pancasila dalam kurikulum merdeka, baik sebelum maupun setelah implementasi kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan peneliti menemukan beberapa implikasi yang sudah dilakukan oleh siswa dan siswi di SMA Muhammadiyah 1 Pekajangan Pekalongan dalam terbentuknya karakter profil pelajar pancasila seperti meningkatnya kemampuan kreatif siswa, kerjasama dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran, semakin meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa, serta aspek spiritualitas siswa. Peran guru juga penting dalam pengimplementasian nilai-nila profil pelajar pancasila termasuk dalam memfasilitasi praktik-praktik keagamaan dan mendukung pengembangan kreativitas siswa. Dampak positif dari pengimplementasian profil pelajar pancasila itu dapat dilihat pada peningkatan kreativitas, kerjasama, pemikiran kritis, dan aspek spiritualitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter, Profil Pelajar Pancasila, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Jun 2024 06:10
Last Modified: 18 Jul 2024 05:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8515

Actions (login required)

View Item View Item