Matswa, Laila Akrimil (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Di SMA Islam YMI Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620031_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2620031_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Umumnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih kurang optimal. Disamping karena konsep matematika yang sulit untuk dipahami dan juga memiliki keterkaitan dengan faktor lain, terutama keterkaitan dengan model pembelajaran. Ada sebagian guru lebih cenderung kepada metode yang menekankan orientasi kepada guru dibandingkan orientasi kepada siswa. Sehingga dibutuhkannya suatu model pembelajaran yang menekankan orientasi kepada siswa dalam belajar, terutama dalam memecahkan suatu masalah. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan model PBL yang menggerakkan siswa belajar secara aktif memecahkan masalah yang kompleks dalam situasi yang realistik. Untuk itu, dibuatlah penelitian mengenai “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Di SMA Islam YMI Wonopringgo”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana hasil belajar siswa kelas X pada materi SPLTV dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMA Islam YMI Wonopringgo? 2) apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X Pada Materi SPLTV di SMA Islam YMI Wonopringgo?. Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X pada materi SPLTV dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL) di SMA Islam YMI Wonopringgo 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi SPLTV di SMA Islam YMI Wonopringgo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 74 siswa. Dimana 37 siswa kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 48,5 menjadi 80. 2) hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 80 sedangkan di kelas kontrol 72,5. Dari hasil kedua sampel tersebut diperoleh selisih sebesar 7,5 serta perbandingan uji independent sample t-test diperoleh perbandingan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di SMA Islam YMI Wonopringgo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2024 07:18 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 07:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8535 |
Actions (login required)
View Item |