Pengaruh Word Of Mouth (WOM),Promosi, Religiositas, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Pada Anggota KSU Kota Santri KC Wiradesa 2023

Aulia, Frida Nisrina. (2024) Pengaruh Word Of Mouth (WOM),Promosi, Religiositas, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menabung Pada Anggota KSU Kota Santri KC Wiradesa 2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4220094_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220094_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Keputusan menabung merupakan salah satu tindakan keuangan yang penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi individu maupun kelompok. Di tengah dinamika ekonomi yang terus berkembang, keputusan menabung menjadi semakin penting untuk memastikan stabilitas keuangan di masa depan. Penelitian ini menggunakan teori perilaku terencana atau theory planned of behavior yang merupakan sebuah teori yang fokus pada logika tindakan manusia dan keyakinan mereka tentang perilaku yang diinginkan yang dikendalikan oleh kesadaran individu sendiri. Dengan melibatkan faktor-faktor yang berhubungan dengan keputusan menabung anggota diantaranya yaitu word of mouth, promosi, religiositas, dan lokasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research, dengan pendekatan kuantitatif, yang berarti penelitian dilakukan langsung di lapangan untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota aktif KSU Kota Santri KC Wiradesa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah cluster sampling, dimana peneliti membagi populasi menjadi beberapa kelompok untuk penelitian. Sampel yang diperoleh berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui penyebaran kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel word of mouth, promosi, dan religiositas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung anggota, sedangkan variabel lokasi tidak terdapat pengaruh terhadap keputusan menabung anggota. Secara simultan, variabel word of mouth, promosi, religiositas, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung anggota. Kata kunci: Word of mouth, promosi, religiositas, lokasi, dan keputusan menabung ABSTRACT Aulia. Frida Nisrina. 2024. The Influence of Word of Mouth (WOM), Promotion, Religiosity, and Location on Saving Decisions among KSU Members of Santri City KC Wiradesa 2023. The decision to save is an important financial action in an effort to improve the economic welfare of individuals and groups. In the midst of continuously developing economic dynamics, saving decisions are becoming increasingly important to ensure financial stability in the future. This research uses the theory of planned behavior, which is a theory that focuses on the logic of human actions and their beliefs about desired behavior which is controlled by the individual's own consciousness. By involving factors related to members' savings decisions, including word of mouth, promotion, religiosity, and location. This research uses a type of field research, with a quantitative approach, which means research is carried out directly in the field to collect data which is then analyzed statistically. The population in this study were active members of KSU Kota Santri KC Wiradesa. The sampling technique used in research is cluster sampling, where researchers divide the population into several groups for research. The sample obtained consisted of 100 respondents. The data collection technique used was through distributing questionnaires. The results of this research show that the variables word of mouth, promotion, and religiosity partially have a positive and significant effect on members' saving decisions, while the location variable has no influence on members' saving decisions. Simultaneously, the variables word of mouth, promotion, religiosity, and location have a positive and significant effect on members' savings decisions. Keywords: Word of mouth, promotion, religiosity, location, and saving decision.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDevy, Happy SistaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Word of mouth, promosi, religiositas, lokasi, dan keputusan menabung
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 24 Jun 2024 06:44
Last Modified: 24 Jun 2024 06:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8545

Actions (login required)

View Item View Item