Pengaruh pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah terhadap akhlak siswa kelas V di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan

Ulfa, Renia (2019) Pengaruh pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah terhadap akhlak siswa kelas V di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan merupakan Madrasah Ibtidaiyah Islamiah yang terletak di desa Simbang Wetan Kecamatan Buaran Pekalongan Barat. Madrasah yang mengharapkan siswanya agar memiliki akhlak terpuji dan dapat menjalankan atas kewajibannya. Karena pada dasarnya tempat utama yang dapat membantu siswa agar menjadi manusia yang memiliki akhlaqul karimah yaitu di lingkungan sekolah. Sehingga penerapan yang dilakukan dalam kegiatan rutin sehari-hari yaitu dengan membiasakan sholat dzuhur berjama’ah yang bertujuan dapat membina akhlak siswa menjadi lebih islami. Adapun rumusan masalah yang diajukan penelitian adalah Bagaimana pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah siswa, akhlak siswa, serta adakah pengaruh dari pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah terhadap akhlak siswa kelas V di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah, akhlak siswa, serta pengaruh baik positif maupun negatif dari pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah terhadap akhlak siswa kelas V di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya siswa kelas V tahun ajaran 2018/2019 di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Dan analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian penulis, menunjukkan bahwa pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah siswa kelas V di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik, karena dibuktikan dengan hasil angket tentang pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan memiliki rata-rata nilai sebesar 45. Nilai tersebut termasuk dalam kelas interval 41-45 masuk kategori cukup baik. Akhlak siswa kelas V masuk dalam kategori cukup baik, karena memiliki rata-rata 46. Nilai tersebut berada dalam kelas interval 42-46 masuk kategori kualifikasi cukup baik. Adanya pengaruh pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah terhadap akhlak siswa kelas V di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis menggunakan rumus regresi linear sederhana. Pada tingkat signifikansi 1% nilai ttabel = 2,43 maka ttest 20,712 > ttabel = 2,43, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada tingkat signifikansi 5% nilai ttabel = 0,23 maka ttest = 20,712 > ttabel = 0,23, sehingga Ho diterima, Ha ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikansi antara pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah terhadap akhlak siswa kelas V di MII Simbang Wetan Buaran Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam - Akhlak, pembiasaan sholat dzuhur berjama’ah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:45
Last Modified: 22 Jun 2020 07:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item