Pengaruh Fitur Layanan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Bsi Mobile Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda)

Hidayati, Lilis (2024) Pengaruh Fitur Layanan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Bsi Mobile Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah BSI KC Pekalongan Pemuda). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4220111_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (948kB)
[img] Text
4220111_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Mobile banking memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan melalui smartphone atau ponsel secara praktis dan mudah. Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh variabel fitur layanan dan persepsi manfaat terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI mobile dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah nasabah pengguna BSI mobile dan berusia minimal 18 tahun. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui kusioner atau angket dengan menggunakan skala pengukuran yaitu skala likert. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling dengan data 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan SEM (Structural equation modelling) dan aplikasi SmartPLS (Smart Partical Least Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya penggaruh secara fitur layanan (X1) dan persepsi manfaat (X2) berpengaruh terhadap loyalitas (Y) serta kepuasan nasabah (Z). Kemudian kepuasan (Z) juga memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y). Sedangkan secara tidak langsung atau mediasinya fitur layanan berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah, akan tetapi untuk persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna BSI Mobile melalui kepuasan nasabah. Kata kunci: Fitur layanan, persepsi manfaat, loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah.   ABSTRACT Lilis Hidayati. The Influence of Service Features and Perceived Benefits on Customer Loyalty of BSI Mobile Users with Satisfaction as an Intervening Variable (Case Study of BSI KC Pekalongan Pemuda Customers) Mobile banking makes it easier for people to carry out banking transactions via smartphone or cell phone practically and easily. The aim of this research is to explain and analyze the influence of service feature variables and perceived benefits on consumer loyalty of BSI mobile users with satisfaction as an intervening variable. This research uses a quantitative method approach. The sample for this research is customers who use BSI mobile and are at least 18 years old. This research uses primary data, namely through a questionnaire or questionnaire using a measurement scale, namely a Likert scale and interview results. The sampling technique was purposive sampling with data from 100 respondents. The method used in this research is descriptive analysis using SEM (Structural Equation Modeling) and the SmartPLS (Smart Partical Least Square) application. The results of this research show that the influence of service features (X1) and perceived benefits (X2) influences loyalty (Y) and consumer satisfaction (Z). Then satisfaction (Z) also has an influence on consumer loyalty (Y). Meanwhile, indirectly or through mediation, service features have an effect on loyalty through consumer satisfaction, but perceived benefits have no effect on consumer loyalty of BSI Mobile users through consumer satisfaction. Keywords: Service features, perceived benefits, customer loyalty and customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fitur layanan, persepsi manfaat, loyalitas nasabah dan kepuasan nasabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:02
Last Modified: 25 Jun 2024 07:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8578

Actions (login required)

View Item View Item