Upaya meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan melalui metode tutor sebaya siswa kelas V di MI Ma’arif NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan

Daroyah, Daroyah (2018) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan melalui metode tutor sebaya siswa kelas V di MI Ma’arif NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika khususnya pada materi pecahan. Hal ini terbukti dengan adanya nilai ulangan harian yang rendah, dimana hanya 6 siswa dari 28 siswa kelas V di MI Ma’arif NU an-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan yang mampu mencapai nilai KKM. Tujuan dari penelitian ini ada dua,yaitu (1) untuk menerapkan metode tutor sebaya pada pembelajaran matematika tentang pecahan pada siswa kelas V di MI Ma’arif NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan (2) untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode tutor sebaya siswa kelas V MI Ma’arif NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berkolaborasi dengan salah satu guru MI Ma’arif NU An-Nur. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MI Ma’arif NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menerapkan pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Ma’arif NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi setelah melaksanakan metode tutor sebaya yaitu, siswa yang pandai membantu siswa yang kurang pandai untuk memahami pelajaran matematika. Hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari pra siklus ke siklus I lalu ke siklus II. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 21,43% pada pra siklus, menjadi 57,14% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,71%. Siswa yang kurang berpartisipasi dalam kelompok didekati oleh guru dan diarahkan agar bertanya kepada tutor atau menanggapi pernyataan tutor sehingga seluruh siswa bisa memahami materinya. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Ma’arif NU An-Nur Desa Bebel Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, NalimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, matematika, tutor sebaya, Pendidikan - Metode Pembelajaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 22 Jun 2020 08:10
Last Modified: 22 Jun 2020 08:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item