Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Imla’ Manqul Di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan.

Nuryani, Fataty Alfi (2024) Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Imla’ Manqul Di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2220060_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (686kB)
[img] Text
2220060_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penelitian ini berangkat dari adanya pembelajaran bahasa Arab di TPQ Al Karomah yang dimana juga mencakup adanya keterampilan menulis. Dan dalam penerapan maharah kitabah TPQ Al Karomah ada pembelajaran imla manqul menggunakan metode drill. Namun, dalam menerapkan metode drill ini ada kendala yang dialami, baik dari peserta didiknya maupun dari pendidiknya Rumusan masalah dari penelitiaan ini adalah : 1. Bagaimana implementasi metode drill dalam pembelajaran imla’ manqul di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan? 2. Apa kendala saat implementasi metode drill dalam pembelajaran imla’ manqul di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan ? 3. Bagaimana solusi mengatasi kendala saat implementasi metode drill dalam pembelajaran imla’ manqul di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan? Tujuan dalam penelitian ini guna : 1. Mendeskripsikan implementasi metode drill dalam pembelajaran imla’ manqul di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan 2. Mengetahui kendala saat implementasi metode drill dalam pembelajaran imla’ manqul di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan 3. Menjelaskan solusi mengatasi kendala saat implementasi metode drill dalam pembelajaran imla’ manqul di TPQ Al Karomah Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu: guru bahasa Arab serta santri dan santriwati. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan judul penelitian. Adapun untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: 1. Pelaksanaaan pembelajaran imla di TPQ Al Karomah dilaksanakan satu minggu sekali dalam dua jam pelajaran yang menggunakan metode drill latihan dan medianya papan tulis serta buku catatan peserta didik. Dalam penerapannya ada tiga tahapan yang pertama perencanaan yaitu pendidik menyiapkan buku ajar, kedua pelaksanaan yang diawali dengan memperkenalkan huruf hijaiyyah dan menuliskan kosa kata bahasa Arab di papan tulis setelah itu peserta didik menyalinnya ke dalam buku tulis masing-masing dan yang ketiga evaluasi pembelajaran dengan menuliskan kosakata bahasa Arab yang diucapkan oleh pendidik tanpa melihat teks dan melakukan tes ulangan umum bersama yang dilakukan setiap akhir cawu. 2. Kendala dalam pembelajaran yang terjadi yaitu sulit mengontrol siswa saat pelaksanaan, sulit memberikan tugas sesuai dengan perbedaan individu, pembelajaran di dalam kelas yang cukup membosankan, dan kurangnya interaksi dalam pembelajaran di dalam kelas. 3. Solusi yang diambil yaitu dengan mengadakan kontrol pada saat kegiatan dimulai, melakukan diagnosa terhadap perbedaan individu, pendidik harus merancang kegiatan pembelajaran yang berinovasi, pendidik perlu bersikap hangat dan memperbanyak interaksi dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Impelemtasi, Metode Drill, Imla’ Manqul
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:30
Last Modified: 26 Jun 2024 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8601

Actions (login required)

View Item View Item