Sari, Kartika (2024) Implementasi Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2417035_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2417035_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan berbahasa berkaitan dengan tingkat kemampuan individu mengenal, memahami dan mengendalikan terhadap aspek-aspek internal individu meliputi perkembangan bahasa, perasaan, motivasi, refleksi diri dan sebagainya. Untuk mengembangkan kemampuan berbahasa maka diperlukan media audio visual adalah cara penguasaan bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Karena hakikatnya bermain sambil belajar itu adalah dunia anak dengan ini anak usia dini akan mendapatkan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan, serta kecerdasan-kecerdasan anak akan terbentuk melalui bermain salah satunya kemampuan berbahasa meliputi : indikator dalam kemampuan mengenal kemampuan berbahasa seperti pemahaman bahasa dan aspek perkembangan bahasa. Indikator dalam kemampuan untuk mandiri seperti memiliki rasa percaya diri, mampu fokus dalam pembelajaran. Serta indikator dalam menggunakan media audio visual. Rumusan masalah penulis ajukan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok A Di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dikancah atau tempat-tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model miles dan huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi media audio visual mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonookerto Kabupaten Pekalongan melalui media visual yang sesuai perkembangan belajar anak usia dini. Pembelajaran yang menarik perhatihan peserta didik pada saat penyampaian materi menggunakan media dan alat peraga yang konkret tentunya belajar akan menyenangkan apalagi belajar sambil bermain. (2) Tantangan dan hambatan dalam Implementasi media audio visual mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini di RA Muslimat NU Semut Kecamatan Wonookerto Kabupaten Pekalongan dapat dijumpai dengan keadaan anak, lingkungan maupun sarana pembelajaran, dan menjadi suatu tantangan ketika anak aktif ketika saat anak aktif pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbahasa, Media Audio Visual, Anak Usia Dini. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2024 05:55 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2024 05:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8614 |
Actions (login required)
View Item |