Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid

Amin, Izzul Karim Nasikhul (2024) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Mahasiswa Tadris Matematika Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617087_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2617087_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi kemandirian belajar yang semakin krusial, karena mahasiswa harus mampu mencari, memahami, dan mengaplikasikan informasi secara mandiri. Di sisi lain, disposisi matematis mencerminkan sikap dan kecenderungan mahasiswa dalam menghadapi matematika, termasuk persepsi, kepercayaan diri, dan minat terhadap mata kuliah . Kedua kompetensi ini menjadi determinan utama dalam pencapaian prestasi akademik yang optimal. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. 2) untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap prestasi belajar mahasiswa. 3) untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode survei pada 50 mahasiswa mata kuliah aljabar linear Tadris Matematika dengan teknik random sampling. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data untuk kemandirian belajar dan disposisi matematis menggunakan angket, sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan hasil Ujian Tengah Semester mata kuliah aljabar linear. Analisis data menggunakan teknik analisis uji regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan (thitung 2,970 > ttabel 2,01063 ) antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar sebesar 15,5%. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan (thitung 1,730 < ttabel 2,01063) antara disposisi matematis terhadap prestasi belajar matematika pada mata kuliah aljabar linear mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (Ha ditolak dan H-0 diterima). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan (Fhitung 4,351 > Ftabel 3,195) antara kemandirian belajar dan disposisi matematis terhadap prestasi belajar (H0 ditolak dan Ha diterima sebesar 15,6%, dan sebesar 84,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Disposisi Matematis, Prestasi Belajar.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:45
Last Modified: 27 Jun 2024 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8619

Actions (login required)

View Item View Item