Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Nafisah, Khasanatun (2024) Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617038_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2617038_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Gaya belajar merujuk pada cara orang memperoleh informasi dan menggunakan strategi untuk merespon suatu tugas. Di sisi lain, motivasi mahasiswa merupakan proses internal yang mengaktifkan, memandu dan mempertahankan perilaku dari waktu ke waktu. Individu termotivasi karena berbagai alasan yang berbeda, dengan intensitas yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gaya belajar dan motivasi mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa Tadris Matematika. Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan sebelumnya, maka pertanyaan penelitian ini adalah: 1)Apakah gaya belajar berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah Aljabar Linear di Tadris Matematika UIN KH Abdurahman Wahid?, 2) Apakah motivasi mahasiswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata kuliah Aljabar Linear di Tadris Matematika UIN KH Abdurahman Wahid? Penelitianjkuantitatif merupakan suatu langkah atau cara meneliti untuk menemukan suatu penelitian ilmiah dengan memanfaatkan data berupa angka dan dikelola secara statistik.. Analisis data menggunakan teknik analisis uji regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan (thitung 5,152 > ttabel 2,011 ) antara gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (H0 ditolak dan Ha diterima). (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan (thitung -0,348 < ttabel 2,011) antara motivasi mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (Ha ditolak dan H-0 diterima). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan (Fhitung 14,534 > Ftabel 3,19) antara gaya belajar dan motivasi mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Tadris Matematika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Pekalongan (H0 ditolak dan Ha diterima). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi R2 variabel kemandirian belajar dan disposisi matematis menunjukkan angka 0,382, yang artinya variabel bebas kemandirian belajar dan disposisi matematis berpengaruh terhadap variabel terikat prestasi belajar matematika siswa sebesar 38,2%, dan sebesar 41,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Motivasi Mahasiswa, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:49
Last Modified: 27 Jun 2024 08:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8634

Actions (login required)

View Item View Item