Efektivitas Asesmen Portofolio Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Pada Siswa Kelas X Ma Muhammadiyah Limpung

YULIANTI, EKO (2024) Efektivitas Asesmen Portofolio Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Afektif Pada Siswa Kelas X Ma Muhammadiyah Limpung. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617056_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2617056_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tahun 2022, skor matematika pelajar Indonesia adalah 366 poin, mengalami penurunan dibandingkan dengan hasil PISA tahun 20152018. Skor ini juga jauh di bawah rata-rata negara anggota OECD yang berada di kisaran 465-475 poin. Selain itu, hasil TIMSS 2019 menunjukkan bahwa siswa kelas 8 di Indonesia memperoleh skor ratarata 397 dalam matematika, yang juga di bawah rata-rata internasional. Untuk itu, peneliti bermaksud melakukan penelitian guna mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika apakah mengalami inovasi yang lebih baik atau sesuai dengan kondisi memprihatinkan tersebut. Jenis penelitian ini menitiberatkan pada studi yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan hasil pengamatan atas eksperimen yang dilakukanya untuk menilai hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan model Reciprocal Teaching dengan cara memberikan post test pada siswa. Hasil tersebut akan dianalisis kemudian diinterpretasikan oleh peneliti pada pembahasan sehingga menghasilkan data yang mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dan kedua dengan menggunakan metode pembelajaran Reciprocal Teaching yang sudah ditentukan dapat terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan tingkat partisipasi siswa saat dilangsungkannya proses diskusi. Selain itu proses diskusi kelompok berdampak pada penilaian test yang dilakukan secara individu. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Reciprocal Teaching baik dari segi keaktifan siswa saat berdiskusi maupun hasil akhir (nilai) yang didapatkan setelah menyelesaikan tes secara individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Portofolio, Post Test
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:28
Last Modified: 01 Jul 2024 03:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8635

Actions (login required)

View Item View Item