Zaini, Muhamad Nur (2024) Pengaruh Curiosity Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2617013_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2617013_FULL TEXT b5 .pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Peningkatan hasil belajar mahasiswa merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan. Curiosity (rasa ingin tahu) dan gaya belajar dianggap sebagai faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Namun, penelitian mengenai bagaimana kedua faktor ini secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh curiosity dan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa. Rumusan masalah yang diajukan adalah: (1) Apakah terdapat pengaruh antara curiosity terhadap hasil belajar mahasiswa? (2) Apakah terdapat pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa? (3) Bagaimana interaksi antara curiosity dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar mahasiswa? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjutkkan bahwa: 1) hasil uji t (t test) dengan nilai Sig. lebih dari 0,05 (0,068 > 0,05) dan nilai t_hitung kurang dari t_tabel (1,856 < 1,997) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara curiosity terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Tadris Matematika. 2) hasil uji t (t test) dengan nilai Sig. kurang dari 0,05 (0,014 < 0,05) dan nilai t_hitung lebih dari t_tabel (2,526 > 1,997) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Tadris Matematika. 3) dari hasil uji F yang memiliki nilai Sig. sebesar 0,022 yang kurang dari 0,05 dan nilai F_hitung sebesar 4,066 yang lebih dari t_tabel 3,136 (4,066 > 3,136) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara curiosity dan gaya belajar terhadap hasil belajar mahasiswa program studi Tadris Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | (Curiosity, Gaya belajar, Hasil belajar) | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 03:24 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 03:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8636 |
Actions (login required)
View Item |