Ranimarlina, Ranimarlina (2019) Implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran siswa di SD Negeri Klidang Wetan Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan adalah fondasi kehidupan yang selalu ada pada diri manusia. Dimulai saat berada dalam kandungan sampai akhir kehidupan, manusia selalu mengalami proses pendidikan. Seperti pengamatan yang peneliti lakukan di SD Negeri Klidang Wetan yang sudah mencoba mensosialisasikan karakter jujur dalam pengembangan kurikulum sekolah. Hal ini membuktikan bahwa sekolah telah berusaha untuk mengimplementasikan karakter jujur, namun masih ada beberapa hambatan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Klidang Wetan, peneliti menemukan beberapa perilaku siswa yang tidak jujur, baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Misalnya diluar kelas, masih ada beberapa siswa yang membayar makanan di kantin kejujuran tidak sesuai dengan harga yang tertera, guru masih bersikap acuh saat melihat siswa berbuat tidak jujur di sekolah. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran siswa di SD Negeri Klidang Wetan Kabupaten Batang serta apa faktor pendukung dan penghamabat implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran siswa di SD Negeri Klidang Wetan Kabupaten Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran siswa di SD Negeri Klidang serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran siswa di SD Negeri Klidang Wetan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran siswa di SD Negeri Klidang Wetan menggunakan beberapa program, diantaranya Pembiasaan budaya 6 R (Ringkas, Resik, Rapi, Rajin, Rawat dan Ramah), pembiasaan program 5 S(Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), kantin kejujuran,kotak temuan, shalat dluhur berjamaah dan infak sosial siswa. Metode yang digunakan melalui pembiasaan, drillen practicum, keteladanan, pemberian reward and punishment, pengarahan dan pemberian nasehat. Adapun faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran siswa antara lain guru, siswa, wali murid, tata tertib serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kejujuran antara lain lingkungan dan teman bermain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Kejujuran | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Thohirin Thohirin | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 07:38 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 07:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/865 |
Actions (login required)
View Item |