Pengaruh perhatian guru terhadap perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Hanifa, Izza (2018) Pengaruh perhatian guru terhadap perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Salah satu orang yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial siswa adalah guru, sehingga guru harus memberikan perhatian kepada siswa-siswinya. Kebaikan seorang guru tercermin dalam kepribadiannya dalam bersikap dan berbuat, tidak hanya ketika di sekolah, tetapi juga di luar sekolah. Perhatian dariguru diantaranya memberi teladan, memberikan kebiasaan yang baik, memberi nasehat, memberi pengawasan dan memberi hukuman. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini diantaranya bagaimana perhatian guru perhatian guru kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan, bagaimana perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01Pencongan, dan bagaimanapengaruh perhatian guru terhadap perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan. Kegunaan penelitian ini diantaranya untuk mengetahui tingkat perhatian guru perhatian guru kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan, untuk mengetahui perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01Pencongan, dan untuk mengetahui pengaruh perhatian guru terhadap perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan adalah analisis data statistik dengan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perhatian guru kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata sebesar 89,6 yang terletak pada kelas interval skor 86 – 93 . Kedua, perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan berada dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 90,13 yang terletak pada kelas interval skor 92 – 100. Ketiga, hasil analisis perhatian guru terhadap perilaku sosial siswa SD Muhammadiyah 01 Pencongan pada taraf signifikansi 1% menyatakan bahwa nilai t tabel pada taraf signifikansi 1% diperoleh 2,831. Sehingga t hitung19,111 > t tabel 2,831. Sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5% ialah 2,079. Sehingga t hitung 19,111 > t tabel 2,079. Koefisien Determnasi sebesar 94,6 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perhatian guruterhadap perilaku sosial siswa kelas V SD Muhammadiyah 01 Pencongan sebesar 94,6 % dan 5,4 % nya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDMuniroh, S.Psi.M.A, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perhatian Guru, Perilaku Sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:43
Last Modified: 22 Jun 2020 07:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item