Eksperimentasi Metode Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Mi Sullam Taufiq Kajen Pekalongan

Safitri, Vina (2024) Eksperimentasi Metode Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Mi Sullam Taufiq Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320079_COVER,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2320079_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Safitri, Vina. 2024. Eksperimentasi Metode Treasure Hunt dalam Meningkatan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas II MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Hafizah Ghany H., M.Pd. Stigma “menyeramkan” sangat melekat kuat pada mata pelajaran matematika bagi sebagian besar siswa termasuk siswa Sekolah Dasar, hal ini menjadikan pelajaran matematika kurang diminati bagi sebagian besar siswa. Faktor penyebab kurangnya minat belajar matematika berdasarkan teori behavioristik terdiri dari dua faktor diantaranya cara penyajian materi pelajaran yang disampaikan kurang menarik dan kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam mengelola kelas. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus dapat menyesuaikan pembelajaran berdasarkan karakteristik anak dan menarik perhatian anak didiknya sehingga mereka mempunyai minat terhadap pelajaran yang diajarkan. Penelitian ini mengkaji tentang Eksperimentasi Metode Treasure Hunt dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas II di MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis bagaimana minat belajar siswa di kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Treasure Hunt pada pembelajaran matematika kelas II MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan (2) untuk membuktikan apakah ada perbedaan minat belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Treasure Hunt pada pembelajaran matematika MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) , pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen berupa “Quasi Eksperiment Design” dalam bentuk penelitian posttest-only control design. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II A dan kelas II B MI Sullam Taufiq Kajen yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan sampling jenuh. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode Treasure Hunt berada pada kategori sedang atau cukup baik dengan 6 responden pada kategori rendah, 13 responden pada kategori sedang, dan 7 responden pada kategori tinggi. Hasil penelitian pada kelas kontrol juga berada pada kategori dengan dengan 3 responden pada kategori rendah, 22 responden pada kategori sedang, dan 1 responden pada kategori tinggi. Hal ini juga terlihat berdasarkan output IMB SPSS 25 Statistic diketahui t hitung sebesar 2,522 dengan jumlah responden 52 dimana df n1+n2 = 52 dan signifikansi 0,05 diperoleh t tabel 1,675. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 2,522 > 1,675 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara minat belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran matematika kelas II MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhany H, HafizahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Treasure Hunt, Minat Belajar Matematika siswa kelas II
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:45
Last Modified: 01 Jul 2024 07:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8698

Actions (login required)

View Item View Item