Habibah, Indah Meitsa (2024) Implementasi Metode Inkuiri Pada Materi Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Benda Di Kelas Iv Mis Nu Al-Utsmani Gejlig Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320025_Cover, BAB I dan BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2320025_Full Texs.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan waktu pembelajaran dalam menggunakan metode inkuiri pada materi sifat-sifat benda di kelas IV MIS NU Al- Utsmani Gejlig Kabupaten Pekalongan. Faktor pendukung terlaksananya implementasi metode inkuiri pada materi pemahaman konsep sifat-sifat benda di kelas IV yaitu bahan baku APE yang mudah di dapatkan, guru yang bersifat terbuka untuk membantu siswa mendapat dukungan dan bimbingan sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasannya waktu pada saat berlangsungnya pembelajaran. Rumusan masalah: 1) bagaimana implementasi penerapan metode inkuiri mengenai sifat-sifat benda pada pelajaran IPA di kelas IV? 2) Apa faktor pendukung dan hambatan yang terjadi dalam mengimplementasikan metode inkuiri dalam pemahaman konsep sifat-sifat benda?. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui implementasi metode inkuiri pada materi pemahaman konsep sifat-sifat benda di kelas IV MIS NU Al- Utsmani Gejlig Kabupaten Pekalongan. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode inkuiri pada materi pemahaman konsep sifat-sifat benda di kelas IV MIS NU Al-Utsmani Gejlig Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu berupa penelitian lapangan (field reseach) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode inkuiri pada materi pemahaman konsep sifat-sifat benda di kelas IV MIS NU Al-Utsmani Gejlig Kabupaten Pekalongan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan metode inkuiri pada materi pemahaman konsep sifat-sifat benda di kelas IV dilakukan sendiri oleh pendidik berdasarkan RPP. Untuk pelaksanaan metode inkuiri pada materi pemahaman konsep sifat-sifat benda di kelas IV dijelaskan oleh Bapak Andri Nugroho S.Pd di MIS NU Al-Utsmani Gejlig kabupaten Pekalongan dilakukan, sedangkan evaluasi dilakukan secara refleksi dan pengamatan terhadap respon peserta didik selama proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | metode inkuiri, pemahaman konsep sifat-sifat benda. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:44 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 07:46 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8706 |
Actions (login required)
View Item |