Implementasi program belajar kelompok untuk menanamkan nilai moral kepada siswa kelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan

Takmila, Viki (2018) Implementasi program belajar kelompok untuk menanamkan nilai moral kepada siswa kelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan teknologi dan pola pikir masyarakat menjadikan sekolah berlomba-lomba untuk menarik masyarakat. Sekolah melakukan berbagai cara dan membuat program-program untuk mendukung majunya sekolah. Program yang bersifat membangun dan mengembangkan kemampuan peserta didik baik kognitiff, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini, yang menjadi fokus rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana implementasi program belajar kelompok untuk menanamkan nilai moral kepada siswa kelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi program belajar kelompok untuk menanamkan nilai moral kepada siswa kelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Menurut sifatnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Wawancara, penulis melakukan wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas V dan beberapa siswa kelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan; 2) Observasi, peneliti melakukan proses penelitian secara langsung dalam artian peneliti ikut mengamati langsung dalam proses kegiatan belajar kelompok dikelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan; 3) Dokumentasi, untuk mengetahui kelembagaan, administrasi. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif, yaitu analisis data yang digunakan bukan bentuk angka, melainkan dalam bentuk laporan uraian deskriptif. Hasil penelitian lapangan menunjukkan bahwa implementasi program belajar kelompok untuk menanamkan nilai moral kepada siswa kelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan sudah berjalan dengan baik. Untuk faktor-faktor pendukung implementasi program belajar kelompok untuk menanamkan nilai moral kepada siswa kelas V SDN 02 Galang Pengampon Wonopringgo Kabupaten Pekalongan adalah kreatifitas guru, sarana dan prasarana sekolah yang baik, serta dukungan orang tua yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keadaan/kondisi siswa, dan kompetensi guru dalam mengatur waktu kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDRiskiana, M.Pd, RiskianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Program Belajar Kelompok dan Nilai Moral
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Thohirin Thohirin
Date Deposited: 22 Jun 2020 08:09
Last Modified: 22 Jun 2020 08:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item View Item