Rohmatika, Naela (2024) Pengaruh Frekuensi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 03 Legokgunung Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
Text
2317091_COVER, BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2317091_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2317091_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan wawancara dengan Guru kelas V, sebagian siswa belum lancar membaca dan berhitung, sehingga pada saat mengerjakan tugas ataupun ulangan ada bebarapa siswa yang mengalami kesulitan dan mendapat hasil belajar yang kurang maksimal. Namun, ada beberapa siswa yang sering belajar di rumah sehingga mendapatkan hasil belajar tinggi. Tapi sebaliknya, ada siswa yang sering belajar tapi hasil belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan literasi numerasis siswa kelas V pada mata Pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ex-post facto. Tipe studi korelasi terdiri dari dua variable yaitu frekuensi belajar (X) dan kemapuan literasi numerasi (Y). pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan literasi numerasi. Dalam uji regresi linear sederhana yang telah dilakukan didapatkan koefisien regresi X sebesar 0,849 menyatakan bahwa setiap perubahan 1% nilai Tes literasi numerasi, maka nilai Frekuensi belajar bertambah sebesar 0,849. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakann bahwa terjadi hubungan positif antara frekuensi belajar dengan kemampuan literasi numerasi, semakin tinggi frekuensi belajar maka semakin meningkat kemampuan literasi numerasi. Berdasarkan analisis diperoleh besarnya nilai korelasi / hubungan (R) yaitu sebesar 0,763. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,582, yang mengandung pengertian bahwa frekuensi belajar memiliki pengaruh sebesar 58,2% terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Frekuensi, Belajar, Literasi, Numerasi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2024 06:46 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2024 07:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8735 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH FREKUENSI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 03 LEGOKGUNUNG KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN. (deposited UNSPECIFIED)
- Pengaruh Frekuensi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 03 Legokgunung Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. (deposited 02 Jul 2024 06:46) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |