Penerapan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV di MII Karangsari Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Mustaqima, Arina Sabila (2019) Penerapan metode talking stick untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV di MII Karangsari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru Sekolah Dasar (SD) merupakan faktor utama penentu keberhasilan suatu proses pembelajaran. Hasil belajar yang rendah dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu metode yang dilakukan oleh guru ketika mengajar.Pembelajaran yang dilakukan guru saat ini mengacu pada pembelajaran konvensional yang menekankan peran aktif guru dalam pembelajaran, sedangkan siswa berperan pasif. Akibatnya siswa menjadi pasif dalam belajar matematika. Kepasifan siswa dalam belajar matematika membawa dampak terhadap hasil belajarnya. Hal tersebut masih sering terjadi. Salah satunya pada MII Karangsari Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar matematika materi pecahan kelas yang tidak menggunakan metode Talking Stick?, bagaimana hasil belajar matematika materi pecahan kelas yang menggunakan metode talking stick? dan apakah metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan? Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design (desain eksperimen semu). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara tidak terstruktur (wawancara terbuka) dan tes. Untuk menganalisis data yang ada, akan digunakan analisis data kuantitatif dengan rumus independent samples test untuk menghitung data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV. di MI Karangsari Karanganyar dengan menggunakan metode Talking Stick rata-rata 85. ini terletak pada kategori baik. Kedua, Hasil belajar matematika materi pecahan kelas IV di MII Karangsari Karanganyar Kabupaten Pekalongan dengan menggunakan metode Konvensional rata-rata 61. ini terletak pada kategori Cukup. Ketiga : Hasil belajar materi pecahan siswa kelas IV yang menggunakan model pembelajaran talking stick berbeda dengan metode konvensional. pembelajaran dengan metode talking stick lebih baik dari pada metode konvensional jadi pembelajaran dengan metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan. Hal ini dibuktikan , pada taraf signifikan 5% Nilai tt = 2.021, Pada taraf signifikan 1% Nilai tt = 2.704. Pada taraf signifikan 5% |to| >tt (2.021) maka Ho ditolak, Ha diterima. Pada Taraf signifikan 1% |to| > tt (5.704) maka Ho ditolak, Ha diterima. Berarti dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara metode Talking stick dengan metode Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Hasil Belajar Matematika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:37
Last Modified: 13 Jan 2021 09:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item