Pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap disiplin santri di TPQ Nurul 'Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan

Agustian, M. Faiq (2024) Pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap disiplin santri di TPQ Nurul 'Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120104_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120104_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lingkungan belajar yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang baik pula. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan Kepala TPQ, ditemukan beberapa perilaku santri yang tidak mencerminkan sikap disiplin. Beberapa contoh perilaku kurang disiplin yaitu membuang sampah sembarangan, merusak fasilitas TPQ, terlibat dalam perkelahian, mengabaikan tugas, menentang perintah ustadz/ustadzah, mencuri barang teman, menyontek jawaban saat ulangan, sering terlambat, kurang memperhatikan ustadz/ustadzah saat pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana lingkungan belajar di TPQ Nurul Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan? (2) Bagaimana sikap disiplin santri di TPQ Nurul Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan? (3) Bagaimana pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap disiplin santri di TPQ Nurul Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan?. Metode penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis studi lapangan (field research) dimana desain penelitian yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan dua variabel. Jumlah populasi yaitu 45 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 40 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh atau exhaustive. Hasil penelitian ini menemukan data bahwa: (1) Lingkungan belajar santri di TPQ Nurul ‘Ilmi Kota Pekalongan masuk kedalam kategori sangat baik. (2) Sikap disiplin santri di TPQ Nurul ‘Ilmi Kota Pekalongan masuk kedalam kategori cukup baik. (3) Hasil dari analisis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan memperoleh hasil sebesar 0,205. Maka nilai signifikan dari data sebesar 0,205> 0,05 artinya bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel X (lingkungan belajar) terhadap Y (kedisplinan santri). Persentase sumbangan pengaruh lingkungan belajar sebesar 42% dengan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan Ho diterima dan Ha ditolak, yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh lingkungan belajar terhadap sikap disiplin santri TPQ Nurul 'Ilmi Rusunawa Kuripan Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar dan Sikap Disiplin.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:41
Last Modified: 09 Oct 2024 09:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8766

Actions (login required)

View Item View Item