Pengaruh Sense of Humor Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Walisongo Kranji 02

Khilman, Muhammad Zidny (2024) Pengaruh Sense of Humor Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Walisongo Kranji 02. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320075_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320075_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Peneliti menemukan dua fenomena berbeda yang berkaitan dengan penerapan humor dalam pembelajaran Bahasa Arab. Peneliti mendapati keantusiasan siswa dalam belajar ketika pembelajaran terintegrasi dengan humor. Di sisi lain, peneliti menemukan fenomena rendahnya sense of humor yang dimiliki oleh guru yang lain, yang berakibat pada rendahnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti menginginkan bukti ilmiah apakah sense of humor guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Walisongo Kranji 02. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama bagaimana sense of humor guru Bahasa Arab kelas VI di MI Walisongo Kranji 02, bagaimana motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Walisongo Kranji 02, dan seberapa besar pengaruh sense of humor guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Walisongo Kranji 02. Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sense of humor guru Bahasa Arab kelas VI di MI Walisongo Kranji 02, mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Arab di MI Walisongo Kranji 02, dan mengetahui seberapa besar pengaruh sense of humor guru terhadap motivasi belajar pada siswa kelas VI mata pelajaran Bahasa Arab di MI Walisongo Kranji 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode ex post facto, di mana variabel bebasnya tidak diberikan perlakuan. Dalam hal ini, peneliti hanya mengambil data mengenai pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Analisis dalam penelitian kuantitatif lebih fokus pada data-data numerik yang diolah menggunakan metode statistika. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan observasi, guru Bahasa Arab kelas VI MI Walisongo Kranji 02 telah menerapkan humor dalam pembelajaran. Penerapan humor yang dilakukan guru telah mencakup keempat aspek sense of humor. Siswa kelas VI MI Walisongo Kranji 02 menunjukkan antusias belajar tinggi terhadap pembelajaran Bahasa Arab yang terintegrasi dengan humor. Sense of humor guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI MI Walisongo Kranji 02. Pengaruh sense of humor guru terhadap motivasi belajar siswa adalah 69,1% dan sisanya 30,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, RahmatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sense of humor guru, motivasi belajar, mata pelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khilmi M Zidny
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:56
Last Modified: 05 Jul 2024 02:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8770

Actions (login required)

View Item View Item