Syafera, Dita (2024) Pengaruh metode role playing berbasis kurikulum merdeka terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi fikih jual beli kelas 6 di SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120051_Cover Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120051_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Metode Role Playing merupakan suatu metode pembelajaran yang mengajak siswa untuk terlibat langsung dalam pembelajaran, penguasaan bahan pelajaran berdasarkan pada kreatifitas serta ekspresi siswa dalam meluapkan imajinasinya terkait dengan bahan pelajaran yang ia dalami tanpa adanya keterbatasan kata dan gerak, namun tidak keluar dari bahan ajar. Rumusan masalah penelitian ini berupa bagaimana metode pembelajaran Role Playing pada materi fikih jual beli di kelas 6 di SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan, hasil belajar, dan Pengaruh metode Role Playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi fikih jual beli kelas 6 di SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan. Tujuannya untuk mengetahui Pengaruh metode Role Playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi fikih jual beli kelas 6 di SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 18 reponden. Jenis analisis data menggunakan rumus uji t dengan bantuan program SPSS24. Hasil penelitian menunjukan metode pembelajaran Role Playing pada materi fikih jual beli di kelas 6 di SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan termasuk baik dibuktikan dari nilai rata rata angket 3,11 terletak pada interval 3,1-4, Hasil belajar siswa kelas 6 di SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan termasuk cukup baik dibuktikan dengan rata rata hasil belajar 53,89 terletak pada interval 41-60. Pengaruh metode Role Playing terhadap peningkatan hasil belajar siswa materi fikih jual beli kelas 6 di SDIT Fajrul Islam Wiradesa Pekalongan. Hal ini ditunjukkan pada nilai thitung > ttabel, yaitu 37.901 lebih besar dari 1.734, dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, dengan taraf signifikan 5%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya hipotesis teruji.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Role Playing, Hasil Belajar Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:14 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 10:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8772 |
Actions (login required)
View Item |