Pengaruh metode role playing terhadap minat belajar PKN kelas V di MIS Tanjung Kabupaten Pekalongan

Meliana, Ima (2019) Pengaruh metode role playing terhadap minat belajar PKN kelas V di MIS Tanjung Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Salah satu tuntutan dan tantangan yang dihadapi dunia pendidikan pada saat ini dan ke depan adalah pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kopetensi yang utuh, yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi terintegrasi. Keharusan bagi guru adalah bisa mendesain dan menerapkan pembelajaran yang responsif dan berpusat pada siswa agar minat dan aktivitas sosial mereka meningkat. Penerapan metode juga dapat bergantung kepada tujuan yang harus dicapai. Dalam penerapannya pembelajaran guru hendaknya memahami secara utuh hal tersebut, yaitu mulai dari kondisi lingkungan yang ada sampai tujuan pembelajaran yang bersifat teoritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah metode role playing berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas V di MIS Tanjung Kabupaten Pekalongan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode role playing terhadap minat belajar Pkn kelas V di MIS Tanjung. Manfaat penelitian yaitu sebagai masukan bagi guru tentang pengaruh Metode Role Playing terhadap minat belajar Pkn, sebagai bahan bacaan untuk praktisi pendidikan (mahasiswa, guru, dosen, dan pihak-pihak lain), dan sebagai bahan acuan penelitian yang akan datang yang bersangkutan dengan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistic uji independen t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode role playing berpengaruh terhadap minat belajar Pkn kelas V di MIS Tanjung Kabupaten Pekalongan. Dengan hasil perhitungan uji independen t test dengan bantuan SPSS didapat nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas A dan kelas B. Hasil rata-rata minat belajar kelas yang menggunakan metode role playing adalah 70,6, sedangkan hasil rata-rata minat belajar kelas yang tidak menggunakan metode role playing adalah 56,5.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Minat Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:48
Last Modified: 23 Jun 2020 03:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item