Pengaruh kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar di kelas VI MSI 01 Kauman Pekalongan

Sakinah, Faiqotus (2019) Pengaruh kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar di kelas VI MSI 01 Kauman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Komunikasi merupakan komponen utama dalam pembelajaran di kelas, melalui komunikasi, informasi, gagasan, arahan, harapan dan suatu penjelasan materi dapat tersampaikan, tetapi kapasitas setiap siswa berbeda-beda dalam menangkap apa yang disampaikan oleh guru, oleh sebab itu kemampuan berkomunikasi seorang guru sangat menentukan berhasil atau tidaknya materi maupun nilai-nilai yang akan diserap oleh siswa. Semakin baik kemampuan komunikasi guru akan semakin besar pula motivasi yang akan muncul dari diri masing-masing siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berkomunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas VI MSI 01 Kauman Pekalongan. Pemasalahan yang diteliti yaitu seberapa besar pengaruh kemampuan berkomunikasi guru dalam memotivasi belajar siswa kelas VI MSI 01 Kauman. Rumusan masalah penelitian ini ada tiga, yaitu 1)Bagaimana kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan siswa di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyyah 01 Kauman Pekalongan?. 2)Bagimana motivasi belajar siswa kelas VI? 3) Adakah pengaruh kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa di Madrasah Salafiyah Ibtidaiyyah 01 Kauman Pekalongan, menganalisis motivasi belajar siswa kelas VI, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VI Madrasah Salafiyah Ibtidaiyyah 01 Kauman Pekalongan. Manfaat penelitian ini yaitu 1) Secara teoritis, sebagai bahan wacana dan menambah khazanah keilmuan serta sebagai pengembangan keilmuan terutama berkenaan dengan peningkatan mutu pembelajaran untuk menciptakan peserta didik yang cinta terhadap ilmu pengetahuan, berbudi luhur dan berkepribadian muslim. 2) Secara Praktis, sebagai tambahan kajian bagi peneliti tentang pengaruh kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di MSI 01 Kauman Pekalongan serta sebagaireferensi bagipara guru atau calon guru untuk memperoleh informasi dan pemahaman dalam pengaruh kemampuan berkomunikasi guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuanitatif , dengan jenis penelitian lapangan dimana datanya diperoleh dari siswa siswi kelas VI MSI 01 Kauman. Teknik pengumpulan datanya dengan cara kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan uji instrumen ,uji normalitas dan reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari responden dengan jumlah 73 responden maka didapatkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan berkomunikasi guru kelas VI MSI 01 Kauman adalah berada pada rata-rata sebesar 47, nilai tersebut berada pada interval 46-48 yang termasuk dalam kategori cukup baik. 2)Motivasi belajar siswa kelas VI MSI 01 Kauman berada pada rata-rata sebesar 63, nilai tersebut berada pada interval 63-67 yang termasuk dalam kategori cukup baik. 3) Terdapat pengaruh pada variabel X (kemampuan berkomunikasi guru) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa) kelas VI MSI 01 Kauman. Hal ini terbukti dengan hasil perolehan ttest> ttabel, yaitu 7,004> 1,66 pada taraf signifikan 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar siswa kelas VI MSI 01 Kauman Pekalongan. Kemampuan berkomunikasi guru mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 40,9%, sedangkan sisanya 59,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFauyan, MuchamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:53
Last Modified: 23 Jun 2020 03:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item