Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 02 Kajen

Nuraini, Fitri (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 02 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620028_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2620028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi mengakibatkan rendahnya partisipasi peserta didik. Ditambah lagi, anggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran sulit dan membosankan juga menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika. Salah satunya pada materi bangun ruang yang memerlukan pemahaman konsep yang lebih mendalam dibandingkan dengan materi lain, karena memerlukan visualisasi tiga dimensi. Seiring berkembangnya teknologi, perlu dikembangkan media yang berbasis teknologi untuk memberikan motivasi dan mempermudah proses pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan teknologi augmented reality. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis augmented reality pada materi bangun ruang serta kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis augmented reality pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 02 Kajen. Tujuannya untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis augmented reality pada materi bangun ruang yang valid, praktis, dan efektif. Produk diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dan menerapkan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluastion). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, kepraktisan, peningkatan hasil belajar, dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi bahwa lembar kerja berbasis augmented reality pada materi bangun ruang dinyatakan “sangat valid” oleh ahli materi dengan skor rata-rata 80% dan dinyatakan “valid” oleh ahli media dengan skor rata-rata 77,89%. Berdasarkan hasil angket respon siswa tingkat kepraktisan dinyatakan “sangat praktis” dengan skor rata-rata 81,41%. Berdasarkan hasil tes siswa dinyatakan “efektif” dengan skor peningkatan hasil belajar siswa rata-rata 84,84%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatwa, AlyanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LKPD, Augmented Reality, Bangun Ruang, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:50
Last Modified: 03 Oct 2024 02:27
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8792

Actions (login required)

View Item View Item