Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al Afif Desa Bodas Watukumpul Pemalang

Fadholi, Muhammad (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al Afif Desa Bodas Watukumpul Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2117319_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2117319_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2117319_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses belajar membaca Al-Qur'an sangat penting dilakukan pada anak sejak dini mengingat pentingnya Al-Qur'an sebagai petunjuk kehidupan manusia, maka belajar membaca, memahami, dan menghayati Al-Qur'an merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Untuk melakukan pembelajaran membaca Al-Qur'an tentunya memerlukan tempat yang di dalamnya memuat kajian tentang membaca Al- Qur'an secara baik dan tepat salah satunya yaitu TPQ. Agar pembelajaran membaca Al-Qur'an berhasil sesuai dengan tujuan yang direncakan yakni santri dapat membaca dengan lancar, makhorijul hurufnya sesuai, dan hukum ilmu tajwid nya tepat diperlukan adanya motivasi dalam diri santri. Hal ini karena motivasi dapat menjadikan santri lebih mudah memahami pelajaran dari guru dan hasil belajar akan optimal. Untuk dapat memberikan motivasi kepada santri seorang guru harus mencari tahu faktor-faktor yang menghambat serta yang mendorong santri memiliki motivasi dalam belajar membaca Al-Quran, selanjutnya guru dapat memaksimalkan perannya dalam meningkatkan motivasi pada santri. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Al Afif Desa Bodas Watukumpul Pemalang. Selain itu, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendorong guru mengaji TPQ Al-Afif terhadap motivasi belajar membaca Al- Qur’an di TPQ Al Afif Desa Bodas, Watukumpul Pemalang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari Kepala TPQ, guru dan Santri. Teknik yan digunakan dalam pengumpulan data yakni observasi, interview, dan dokumentas. Selanjutnya dalam menganalisis data di lakukan dengan melakukan kondensasi data, penyajian data kemudian di tarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) peran guru meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur'an adalah memberikan bimbingan kepada santri tidak Dari hasil penelitian di temukan bahwa: (1) motivasi belajar membaca Al- Qur`an anak-anak di Desa masih terbilang rendah, masih banyak anak yang lebih suka bermain dari pada mengaji, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua sebab bekerja, ataupun pengaruh dari lingkungan dan teman (2) Peran guru adalah meningkatkan kemampuan dan motivasi anak dalam mempelajari agama islam tidak terkecuali Al-Qur`an dengan melakukan pembimbingan saat proses pembelajaran, mengatur lingkungan kelas agar suasananya kondusif, membantu santri yang mengalami kesulitan, serta mampu menjadikan dirinya sebagai contoh yang baik untuk santrinya (3) faktor pendorong dalam penerapan tujuan TPQ adalah: tingginya dukungan dari orang tua serta masyarakat yang ada dan semangat yang tinggi dari peserta didik untuk belajar, sementara faktor penghambatnya adalah lingkungan sosial dan pengaruh media sosial sehingga santri sering lalai untuk belajar membaca Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi, dan Belajar Membaca Al- Qur’an.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:56
Last Modified: 11 Jul 2024 03:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8808

Actions (login required)

View Item View Item