Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Lisdiyanti, Tika (2024) Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
50222027_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222027_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Setiap anak yang terlahir di dunia ini sudah dibekali dengan kecerdasan masing-masing. Setiap individu yang ada di bangku pendidikan selalu memiliki kecenderungan kecerdasan yang berbeda. Seperti yang dikemukakan oleh Howard Gardner bahwa kecerdasan itu jumlahnya ada sembilan, diantaranya kecerdasan linguistik, logis-matematis, spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial. Sehingga untuk berinteraksi dengan mereka perlu mengenali kecenderungan kecerdasan yang mereka miliki supaya anak didik mudah dalam menangkap informasi yang diberikan. Begitu halnya pada proses evaluasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, diperlukan pengembangan instrumen berbasis multiple intelligence untuk memudahkan anak didik dalam memahami maksud dari instrumen evaluasi yang disediakan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan diperlukannya pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis multiple intteligence pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar negeri Wonomerto 01 kecamatan Bandar kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model 3D, yakni Pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), dan Pengembangan (Develop). Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif kualitatif dengan tiga jalur yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa diperlukan pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligence pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebagai bentuk kepedulian guru terhadap kecerdasan yang dimiliki setiap siswa. Proses pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligence dilaksanakan dengan tiga tahap (define,design, develop). Hasilnya adalah, pada tahap pendefinisian (define) ditemukan masalah pada proses evaluasi yang selanjutnya dilakukan pengembangan instrumen evaluasi, pada tahap perancangan dilaksanakan design produk menyusun soal dan kunci jawaban pengembangan instrumen evaluasi, kemudian pada tahap pengembangan dilakukan validasi soal dan revisi untuk memastikan instrumen evaluasi yang dikembangkan peneliti sudah sesuai dan dapat dimaksimalkan. ABSTRACT Every child born into this world is equipped with their own intelligence. Every individual in education always has a different intelligence tendency. As stated by Howard Gardner that there are nine intelligences, including linguistic, logical-mathematical, spatial, kinesthetic, musical, interpersonal, intrapersonal, naturalist, and existential intelligence. So that to interact with them it is necessary to recognize the intelligence tendencies they have so that students are easy to capture the information provided. Likewise, in the assessment process in learning Islamic religious education, it is necessary to develop multiple intelligence-based instruments to make it easier for students to understand the purpose of the assessment instruments provided by the teacher. Therefore, this study aims to determine the reasons for the need to develop multiple intelligence-based learning assessment instruments in Islamic religious education subjects at Wonomerto 01 public elementary school in Bandar sub-district, Batang district. This type of research is Research & Development with the 3D model, namely Planning (Define), Planning (Design), and Development (Develop). Data collection through: interview, observation and documentation. The data analysis is descriptive qualitative with three paths, namely data condensation, data presentation, and conclusion drawing. This research results in the finding that it is necessary to develop multiple intelligence-based learning assessment instruments in Islamic religious education subjects as a form of teacher concern for the intelligence of each student. The process of developing multiple intelligence-based learning assessment instruments is carried out with three stages (define, design, develop). The results are, at the defining stage, problems are found in the assessment process which is then carried out the development of assessment instruments, at the design stage the product design is carried out to compile questions and answer keys for the development of assessment instruments, then at the development stage question validation and revision are carried out to ensure that the assessment instruments developed by researchers are appropriate and can be maximized. Keywords: Development, Assessment, Multiple Intelligence, Islamic Religious Education.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, M. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, TaufiqurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Evaluasi, Multiple Intelligence, Pendidikan Agama Islam,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:40
Last Modified: 08 Jul 2024 03:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item