Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Lisdiyanti, Tika (2024) Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligence pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Wonomerto 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Masters thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
50222027_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222027_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Setiap anak yang terlahir di dunia ini sudah dibekali dengan kecerdasan masing-masing. Setiap individu yang ada di bangku pendidikan selalu memiliki kecenderungan kecerdasan yang berbeda. Seperti yang dikemukakan oleh Howard Gardner bahwa kecerdasan itu jumlahnya ada sembilan, diantaranya kecerdasan linguistik, logis-matematis, spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, naturalis, dan eksistensial. Sehingga untuk berinteraksi dengan mereka perlu mengenali kecenderungan kecerdasan yang mereka miliki supaya anak didik mudah dalam menangkap informasi yang diberikan. Begitu halnya pada proses evaluasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, diperlukan pengembangan instrumen berbasis multiple intelligence untuk memudahkan anak didik dalam memahami maksud dari instrumen evaluasi yang disediakan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan diperlukannya pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis multiple intteligence pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah dasar negeri Wonomerto 01 kecamatan Bandar kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model 3D, yakni Pendefinisian (Define), Perencanaan (Design), dan Pengembangan (Develop). Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif kualitatif dengan tiga jalur yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa diperlukan pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligence pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebagai bentuk kepedulian guru terhadap kecerdasan yang dimiliki setiap siswa. Proses pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligence dilaksanakan dengan tiga tahap (define,design, develop). Hasilnya adalah, pada tahap pendefinisian (define) ditemukan masalah pada proses evaluasi yang selanjutnya dilakukan pengembangan instrumen evaluasi, pada tahap perancangan dilaksanakan design produk menyusun soal dan kunci jawaban pengembangan instrumen evaluasi, kemudian pada tahap pengembangan dilakukan validasi soal dan revisi untuk memastikan instrumen evaluasi yang dikembangkan peneliti sudah sesuai dan dapat dimaksimalkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, M. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, TaufiqurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Evaluasi, Multiple Intelligence, Pendidikan Agama Islam,
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:40
Last Modified: 26 Oct 2024 03:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item