Korelasi kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang

Annisa, Dwi Elok (2019) Korelasi kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Latar belakang dalam penulisan skripsi ini adalah kecerdasan emosional menjadi faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan pentingnya kecerdasan emosional juga ditunjukkan pada penelitian yang dilakukan oleh Goleman bahwa kecerdasan intelektual atau Intelligence Quotient (IQ) hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor kekuatan-kekuatan lain, diantaranya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) yakni kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati, berempati dan kemampuan bekerja sama. Banyak contoh disekitar kita membuktikan bahwa orang yang memiliki kecerdasan intelektual saja belum tentu sukses berkiprah di dunia pekerjaan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga. Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga dan adakah korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga, untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga dan untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendektan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah : metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa Kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 termasuk dalam kategori sedang. Dimana diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata kecerdasan emosional siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga sebesar 103,22. Nilai tersebut berada pada interval 87, 581 - 118, 859 yang masuk dalam kategori sedang. Kemudian Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga berdasarkan hasil analisis data diketahui termasuk dalam kategori sedang. Dimana diperoleh hasil perhitungan nilai rata-rata prestasi belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 84,088. Nilai tersebut berada pada interval 76,72 – 91,456 yang masuk dalam kategori sedang. Kecerdasan emosional memiliki korelasi positif yang signifikan dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga. Hasil perhitungan korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,757. Selain itu, juga diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000. Apabila nilai signifikansi tersebut dibandingan dengan taraf signifikansi (α) maka diperoleh nilai signifikansi = 0,000 < α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat dikatakan terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan pretasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Dimana koefisien korelasi sebesar 0.757 berada pada interval 0,60-0,799 sehingga berdasarkan tabel tingkat korelasi dan kekuatan hubungan dapat disimpulkan bahwa korelasi antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah korelasi yang kuat. Kemudian hasil perhitungan koefisien determinasi kecerdasan emosional menunjukkan bahwa sumbangan kecerdasan emosional adalah sebesar R Square = 57% terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Moga, dengan demikian sumbangan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa sangat bermakna, artinya 57% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kecerdasan emosional dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional , Prestasi Belajar PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:48
Last Modified: 23 Jun 2020 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item