Safitriani, Wildani (2019) Penerapan strategi active learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam diperlukan strategi yang mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi belajar aktif (active laerning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena di dalam strategi active learning terdapat model-model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran yang menarik, memahami dan mengaktifkan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Penerapan Strategi Active Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Strategi Active Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan. Untuk mencapai tujuan dari penelitian di atas, menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), merupakan penelitian yang dilakukan ditempat terjadinya gejala-gelaja yang diselidiki yang bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam masyarakat. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Petarukan, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A-I. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan tentang “Penerapan Strategi Active Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 4 Petarukan” maka penulis menyimpulkan bahwa penerapan strategi active learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berjalan dengan baik, dimana guru menggunakan beberapa model-model strategi active learning sesuai dengan karakteristik antara model pembelajaran dengan materi yang akan disampaikan, sebelum menerapkan strategi ada tahapan-tahapan yang pertama tahap perencanaan pembelajaran kemudian tahap pembentukan kelompok dan tahap penerapan strategi active learning yang diterapkan yaitu model jigsaw dan guide teaching (pembelajaran terbimbing). Adapun faktor-faktor penerapan strategi active learning ada dua faktor yaitu faktor pendukung seperti: kesiapan guru, motivasi siswa, dan siswa memahami materi yang disampaikan. Kemudian ada faktor penghambat dalam penerapan strategi active learning seperti keterbatasan waktu dan sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Belajar aktif (active learning), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nuzulul Nuzulul | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2020 04:53 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2020 04:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/886 |
Actions (login required)
View Item |