Efektivitas Penggunaan MEIA Flipbook Terhadap Hasil Belajar Pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa Kelas IV MII Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan

Ylsan, Dheandra Tsabitha (2024) Efektivitas Penggunaan MEIA Flipbook Terhadap Hasil Belajar Pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa Kelas IV MII Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2320141_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2320141_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2320141_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Saat ini, rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah yang cukup serius. Penggunaan media pembelajaran interaktif kurang. Dalam proses pembelajaran, media berfungsi sebagai sumber informasi. Pada kelas IV di MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan, hasil belajar tergolong rendah. hal tersebut disebabkan oleh bahwa siswa guru banyak menggunakan metode ceramah daripada media pembelajaran interaktif. Adapun rumusan masalah yaitu bagaimana penerapan media flipbook dan bagaimana keefektifan media pembelajaran flipbook pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran flipbook dan keefektifan media pembelajaran flipbook terhadap hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Salafiyah 1 Kauman Kota Pekalongan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan Nonequivalent Pre-test - Post-test Control Group Design. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih kelompok sampel. Untuk mengumpulkan data, observasi, tes, dan dokumentasi digunakan. Uji normalitas, uji homogenitas, uji independent t-test, dan uji N-gain adalah teknik analisis data yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pretest-posttest dari kelas kontrol dan eksperimen terdistribusi secara normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa sig. 0,048 <0.5. Ho ditolak, sedangkan Ha diterima. Hasil persentase kelas eksperimen adalah 61,43% dan termasuk dalam kategori cukup efektif, menurut analisis N-Gain. Dengan demikian, hasil belajar siswa bahasa Indonesia di kelas IV dapat dikatakan cukup efektif dengan menggunakan media flipbook.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNugroho, Dicky AnggriawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Flipbook, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:07
Last Modified: 26 Aug 2024 02:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8887

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item