Layli, Mufarihah Jumalatul (2024) Korelasi Kompetensi Spiritual Guru Pendidikan Agama Islam Dengan Religiusitas Peserta Didik Kelas VIII MTs Abadiyah Gabus Pati. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120155_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120155_FULL TEXT .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2120155_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kompetensi spiritual guru PAI dapat dianggap sebagai faktor penting dalam membentuk persepsi, pemahaman, dan komitmen peserta didik terhadap agama dan nilai-nilai keagamaan atau religiusitas mereka. Guru PAI yang mengajar di MTs Abadiyah memiliki tingkatan kompetensi spiritual yang beragam. Hal itu dilihat dari terdapat guru PAI memiliki pemahaman keagamaan yang luas dan tinggi sehingga berperan aktif menyebarkan pemahaman keagamaan-keagamaan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Disisi lain juga terdapat guru PAI yang menunjukkan tingkat kompetensi spiritualnya kurang, hal itu dapat dilihat dari cara menyampaikan materi ketika mengajar dikelas dan juga bentuk interaksi mereka dengan orang-orang disekitar tempat tinggalnya. Dari kompetensi spiritual yang dimiliki guru PAI tersebut maka berimbas pada religiusitas peserta didik yang diajarnya. Peserta didik yang menimba ilmu disekolah tersebut memiliki tingkat religiusitas yang beragam pula. Tidak sedikit dari mereka yang melanggar norma-norma agama seperti membantah orang tuanya, sering meninggalkan sholat, tidak mau mengaji, bergaul dengan lawan jenis melewati batas wajar bahkan sampai ada juga yang bertengkar dengan teman sekolahnya maupun luar sekolah. Dan ada juga dijumpai pula anak yang tidak bisa menulis dan membaca Al Qur’an. Namun disisi lain terdapat juga peserta didik yang rajin dalam menjalankan ibadah, paham tentang agama, fashih dalam mengaji dan tidak jarang pula ada beberapa anak yang menghafal Al-Qur’an. Adapun yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kompetensi spiritual guru PAI MTs Abadiyah Gabus Pati? Bagaimana religiusitas peserta didik MTs Abadiyah Gabus Pati? dan Adakah korelasi antara kompetensi spiritual guru PAI dengan religiusitas peserta didik di MTs Abadiyah Gabus Pati?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan gambaran kompetensi spiritual guru PAI MTs Abadiyah Gabus Pati, untuk mendeskripsikan gambaran religiusitas peserta didik MTs Abadiyah Gabus Pati, untuk mendeskripsikan korelasi antara kompetensi spiritual guru PAI dengan religiusitas peserta didik di MTs Abadiyah Gabus Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. pengambilan datanya menggunakan angket dengan tambahan metode observasi serta dokumentasi. Untuk teknik mengambilan sampelnya menggunkan teknik random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 38 siswa. Metode analisis data dilakukan dengan analisis pendahuluan, uji instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat menggunkan uji normalitas dan uji linieritas, kemudian pengujian hipotesis menggunkan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis uji hipotesis diketahui koefisien korelasinya sebesar 0,711, yang terletak pada interval 0,60 – 0,799 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara kompetensi spiritual guru PAI dengan religiusitas peserta didik MTs Abadiyah Gabus Pati terdapat korelasi yang kuat. Dan juga diperoleh hasil nilai signifikansi = 0,000 ˂ 0,05 yang artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesisi alternatif (Ha) diterima. Kemudian untuk perhitungan koefisien determinasi sebesar 50,5 % yang berarti 50, 5% religiusitas peserta didik dipengaruhi oleh kompetensi spiritual guru PAI dan selebihnya dipengaruhi faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Spiritual, Religiusitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2024 02:11 | ||||||||
Last Modified: | 06 Nov 2024 07:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8898 |
Actions (login required)
View Item |