Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman kota Pekalongan

Hasanah, Khoridatul (2018) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekaongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Prestasi belajar merupakan tolak ukur kemampuan peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Menurut Saifuddin prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kedisiplinan belajar. Biasanya peserta didik yang memiliki kedisiplinan dalam belajar, mereka cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibanding peserta didik yang tidak mempunyai kedisiplinan dalam belajar. Oleh karena itu, setiap peserta didik harus memiliki kedisiplinan dalam belajar agar mereka bisa memiliki prestasi yang bagus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kedisiplinan belajar peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan, bagaimana prestasi belajar Matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan, dan adakah pengaruh signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya seluruh peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan yang berjumlah 89 peserta didik. Sampel yang diteliti sebanyak 72 peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas.Data penelitian berupa data angket dan dokumentasi prestasi belajar matematika peserta didik yang dianalisis dengan uji t menggunakan hitungan manual dan bantuan program aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,kedisiplinan belajar peserta didik kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan termasuk kategori baik, karena nilai rata-rata variabel X atau kedisiplinan belajar peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 sebesar 64,1 berada di interval 63-65 yang berada pada kategori baik. Kedua, prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan termasuk kategori sangat baik, karena nilai rata-rata variabel Y atau prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 sebesar 81 berada di interval 80-84 yang berada pada kategori sangat baik. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestsi belajar matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan. Hal ini diperoleh analisis uji t dengan perhitungan manual diketahui nilait_test = 5,314, pada tingkat signifikan 1% nilai t_tabel= 2,648, maka t_test = 5,314 >t_tabel= 2,648 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada tingkat signifikan 5% nilai t_tabel= 1,994, maka t_test = 5,314 >t_tabel= 1,994 sehingga sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Begitu pula dengan perhitungan menggunakan bantuan SPSS diperoleh t_test= 5,298, pada tingkat signifikan 1 % nilai t_tabel= 2,648 maka t_test= 5,298 >t_tabel= 2,648 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan pada tingkat signifikan 5 % nilai t_tabel= 1,994 maka t_test= 5,298 >t_tabel= 1,994 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan. Besarnya sumbangan pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VI tahun ajaran 2018/2019 MSI 01 Kauman Kota Pekalongan berdasarkan perhitungan manual dan menggunakan SPSS adalah 28,6 %. Sisanya 71,4 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar,Prestasi Belajar Matematika.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:38
Last Modified: 23 Jun 2020 06:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item