Lutfiah, Khonsa (2024) Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Di Mts Wilayah Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220016_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220016_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2220016_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang kompetensi pedagogik guru MTs di wilayah Kajen Pekalongan. Di wilayah Kajen Pekalongan terdapat 2 (dua) madrasah tsanawiyah yakni MTs Al-utsmani dan MTs Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh guru bahasa Arab, karena berhubungan langsung dengan peserta didik dan berdampak pada prestasi belajar peserta didik. Guru Bahasa Arab MTs di wilayah Kajen Pekalongan masih ada kesulitan atau kendala dalam memberikan pembelajaran bahasa Arab sehingga menghambat guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Berdasarkan latar belakang di atas tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru bahasa Arab di MTs wilayah Kajen Pekalongan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). peneliti melakukan pengamatan secara langsung di lapangan terhadap objek penelitian sehingga menghasilkan data-data tentang masalah yang akan diteliti. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan menggambarkan proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data melalui beberapa tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MTs wilayah Kajen Pekalongan dikatakan baik, karena dilaksanakan dengan berbagai macam bentuk, a). menguasai karakter peserta didik, b. menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, c). mengembangkan kurikulum, d). menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik , e). berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, f). memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, g). menyelenggarakan evaluasi dan memanfaatkan hasil penilaian. 2). Kendala guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik terdapat beberapa kendala yang dihadapi diantaranya: a). siswa belum sepenuhnya memiliki dasar bahasa Arab, b). kurangnya sarana dan prasarana sekolah, dan c). waktu pembelajaran bahasa Arab yang minim.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Guru Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2024 03:12 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2024 03:12 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8930 |
Actions (login required)
View Item |