Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Riko the Series

Arifah, Khusnatul (2024) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Riko the Series. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317028_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2317028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu strategi dasar dari pembangunan karakter bangsa yang dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara konsisten dengan berbagai strategi. Pendidikan karakter melalui media film animasi Riko The Series, diharapkan dapat memberikan kontribusi atau menjadi mitra bagi orang tua dan tenaga pendidik dalam penanaman nilai-nilai karakter kepada anak. Dengan adanya penilaian dari masyarakat bahwa film animasi Riko The Series merupakan animasi anak yang edukatif dan sangat mendidik sehingga akan cepat membantu proses penanaman karakter tanpa disadari. Berdasarkan latar belakang tersebut, terdapat dua rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Apa saja Nilai-nilai pendidikan karater yang terkandung dalam film Riko The Series? (2) Bagaimana urgrnsinya nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film Riko The Series bagi siswa Mi/Sd?. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka atau penelitian pustaka (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Serta teknik analisis data yang digunakan yaitu Content Analysis. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa film animasi Riko The Series mengandung beberapa nilai –nilai pendidikan karakter yaitu: nilai religius, nilai jujur, nilai kreatif, nilai peduli sosial, nilai peduli lingkungan, nilai kerja keras, nilai jujur, dan nilai rasa ingin tahu. Dan terdapat urgensinya bagi siswa MI/SD yaitu nilai karakter yang patut dijadikan contoh dan teladan dalam kehidupan sehari-hari baik kepada sesama manusia ataupun kepada Allah SWT, Didalam film ini mengandung nilai urgensi yaitu seperti nilai religius, nilai jujur, nilai kreatif, nilai peduli sosial, nilai peduli lingkungan, nilai kerja keras, nilai jujur, dan nilai rasa ingin tahu. Sehingga film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton oleh anak-anak yang berusia 7-15 tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan Karakter, Film Animasi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:51
Last Modified: 26 Aug 2024 03:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8937

Actions (login required)

View Item View Item