Pengembangan media pembelajaran articulate storyline pada mata pelajaran fiqih kelas viii di MTS Negeri Batang

Nafiah, Alfiatun (2024) Pengembangan media pembelajaran articulate storyline pada mata pelajaran fiqih kelas viii di MTS Negeri Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120309_Cover,Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120309_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Materi fiqih cenderung sulit untuk di pahami dan di mengerti oleh siswa. Sehingga menyebabkan kurang antusiasnya siswa dalam pembelajaran, maka diperlukan adanya pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif. Media pembelajaran adalah alat yang dimanfaatkan untuk membantu kegiatan belajar mengajar dengan harapan supaya siswa dapat memahami materi yang diajarkan. Rumusan masalah yaitu bagaimana, pengembangan, kelayakan dan efektifitas media pembelajaran untuk materi haji berbasis Articulate Storyline. Tujuan penelitian dilakukan supaya pembaca mengetahui proses pengembangan, kelayakan dan efektifitas media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi haji kelas VIII di MTs Negeri Batang. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan produk. Subjek uji coba kelompok adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri Batang sebanyak 17 siswa. Penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner untuk mendapatkan data tentang validitas pada media pembelajaran kemudian angket ini diberikan dan di isi oleh ahli materi, ahli media dan siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline materi haji kelas VIII MTs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran memperoleh skor rerata 3,8 dari ahli materi dengan kriteria “Sangat Setuju”, validasi ahli media memperoleh skor rerata 3,09 kriteria “Setuju” dan memperoleh skor rerata 3,15 termasuk dalam kategori “Setuju” dari hasil penilaian oleh siswa pada uji coba kelompok. Hasil dari penelitian dan pengembangan pada media pembelajaran berbasis Articulate Storyline dengan kategori valid dan layak digunakan. Hasil efektifitas media pembelajaran dilihat dari hasil tes setelah diberikan perlakuan memperoleh peningkatan rata-rata dari 64.4118 menjadi 79.1176.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorsyaifuddin, Mohammad198703062019031004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, articulate storyline 3, fiqih kelas VIII MTs
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:39
Last Modified: 06 Aug 2024 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8982

Actions (login required)

View Item View Item