Pelaksanaan Program Remedial pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI diSML Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan

Nisfaruroh, Nisfaruroh (2015) Pelaksanaan Program Remedial pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI diSML Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
20210944 NISFARUROH BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Text
20210944 NISFARUROH FULL TEXT.PDF

Download (14MB)
Official URL: http://iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pemberian program pembelajaran remedial dilandasi atas dasar belakang bahwa pendidik perlu memperhatikan perbedaan individual peserta didik bukan sekedar melaksanakan ujian ulangan untuk memperbaiki nilai, tetapi merupakan suatu proses pembelajaran kembali pada materi yang belum dikuasai peserta didik karena semua peserta didik belum tentu mengalami ketuntasan yang sama terhadap materi yang diajarkan. SMK Nurul Ummah Paninggaran telah dilaksanakan program Pengajaran Remedial sebagai bagian dari kegiatan proses bejar mengajar yang diselenggarakan di sekolah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program remedial pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Nurul Ummah Paninggaran? Tujuan penelitian adalah untuk mengeksplorasi langkah awal pelaksanaan program remedial pendidikan agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran dan untuk mengekplorasi pelaksanaan program remedial pendidikan agama Islam kelas XI di SMK Nurul Ummah Paninggaran. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pengajaran remedial pendidikan agama Islam di SMk Nurul Ummah Paninggaran Pekalongan dapat membantu siswa dalam mencapai KKM yang telah ditentukan, namun pada pelaksanaan pengajaran remedial tersebut guru belum melaksanakan dengan baik yaitu masih belum sesuai dengan teori yang sudah ada dimana guru belum maksimal dalam mendiagnosa siswa yang mengalami remedial sehingga bantuan yang diberikan belum sesuai maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
TeacherMuslih, MohUNSPECIFIEDmoh.muslih@iainpekalongan.ac.id
Uncontrolled Keywords: Program Remedial, pelajaran PAI
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Junaeti Aqin
Date Deposited: 03 Apr 2020 02:03
Last Modified: 22 Apr 2020 04:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item View Item