Pengaruh Pembelajaran BTQ terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Di SMP Negeri 15 Pekalongan

Aisyah, Nur (2019) Pengaruh Pembelajaran BTQ terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Di SMP Negeri 15 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
Bab I - 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pentingnya Al-Qur’an sebagai pedoman hidup perlu adanya penanaman sejak dini dan juga perlu diajarkan sejak dini. Dimulai dari membaca Al-Qur’an dengan baik, tartil, lancar dan fasih sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam qiraat dan tajwid.Dalam membaca Al-Qur’an tentunya tidak boleh asal baca dan harus hati-hati. Karena tidak boleh salah dalam segi cara pengucapan makhrojnya dan tajwidnya karena akan memengaruhi arti dari Al-Qur’an itu. Mengingat begitu pentingnya kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an bagi anak, maka adanya pembelajaran baca tulis al-Qur’an perlu ditanamkan sejak dini. Pembelajaran BTQ tidak hanya membaca saja tapi juga menulis huruf-huruf al-Qur’an. Oleh karena itu, SMP Negeri 15 Pekalongan menerapkan pembelajaran BTQ dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an bagi siswa-siswanya. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis tertarik mengadakan penelitian tentang pengaruh pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pembelajaran BTQ, kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa, dan pengaruh pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pembelajaran BTQ, kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa, dan pengaruh pembelajaran BTQ terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan. Manfaat penelitian ini yaitu dapat memperkaya khasanah ilmiah serta memberikan kontribusi yang positif dan konstruktif bagi dunia pendidikan khususnya berkenaan dengan penerapan program BTQ dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran BTQ dan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:28
Last Modified: 01 Oct 2024 03:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9044

Actions (login required)

View Item View Item