Manziz, Ilham (2024) Pengembangan Media Buku-Saku Mufradât Berbasis Nasionalisme Bagi Siswa Kelas VII Di MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220045_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220045_Fultext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa bahasa Arab merupakan salah satu pelajaran yang terdapat di MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan sejak dari kelas VII hingga kelas IX. Selain mengajarkan kaidah-kaidah bahasa didalamnya juga mampu mendorong anak seusia remaja agar dapat mengembangkan kemampuan mufradat bahasa Arab dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bacaan, arti dan tafsiran yang salah. Mufradat bahasa Arab yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pelajaran bahasa Arab khususnya dalam aspek pemahaman nasionalisme siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian terkait pentingnya media buku-saku mufradat berbasis nasionalisme bagi siswa kelas VII MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan tingkat kelayakan media buku-saku mufradat berbasis nasionalisme bagi siswa kelas VII dalam kaitannya dengan pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) yang mengambil tempat di MTs Ma’arif Karanganyar Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII, validator materi, validator media, validator angket, dan guru bahasa Arab. Hasil penelitan menunjukan bahwa: Pertama, pengembangan media buku-saku mufradat berbasis nasionalisme dibuat secara bertahap dan sistematis sesuai dengan langkah-langkah model pengembangan ADDIE, mulai dari analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hal tersebut penulis ketahui dari hasil wawancara guru, tim validator, angket dan tes. Kedua, Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli media sejumlah 92% sedangkan validasi ahli materi sejumlah 76% dan dari respon siswa sejumlah 93%. Maka dapat dikatakan media tersebut sangat layak digunakan. Pengembangan media buku-saku mufradat berbasis nasionalisme tersebut terlihat ketika siswa lebih merasa senang belajar bahasa Arab, mudah dalam membaca materi mufradat bahasa Arab dan termotivasi untuk belajar bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Buku-saku, Mufradât, dan Nasionalisme | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2024 07:11 | ||||||||
Last Modified: | 10 Oct 2024 06:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9048 |
Actions (login required)
View Item |