Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas vii di MTs. Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Sofa, Nihlatus (2019) Pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas vii di MTs. Salafiyah Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Seorang guru harus memiliki kompetensi agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Kompetensi yang harus dimiliki seorang guru dikelompokkan dalam kemampuan pedagogis, profesional, kemampuan sosial, dan kemampuan kepribadian. Jika kemampuan guru tersebut mampu berdaya secara maksimal, maka harapan untuk mengangkat prestasi siswa Indonesia yang belum menggembirakan diharapkan dapat tertanggulangi. Kompetensi pribadi mengandung makna bahwa seorang guru harus memiliki integritas pribadi yang dapat dipertanggungjawabkan sebagai suatu kepribadian yang utuh sehingga dapat diteladani oleh peserta didik. Penelitian dilakukan pada kelas VII di MTs Salafiyah Paninggaran dengan alasan sesuai data siswa di MTs Salafiyah Paninggaran, awal tahun 2018 siswa kelas VII berjumlah 129 hingga bulan September hanya 122 siswa. Apakah penyebab keluarnya siswa karena ketidaksukaan mereka terhadap salah satu guru atau yang lain sehingga motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Salafiyah Paninggaran berkurang? Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru mata pelajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Paninggaran kabupaten Pekalongan?,(2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Salafiyah Paninggaran kabupaten Pekalongan? (3) Apakah terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Salafiyah Paninggaran kabupaten Pekalongan?; Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengamalkan kompetensi kepribadian guru mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Salafiyah Paninggaran, untuk mengamalkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Salafiyah Paninggaran, untuk membuktikan pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Salafiyah Paninggaran. Adapun kegunaan daripada penelitian ini adalah : kegunaan teoritis: (a) sebagai bahan baca/referensi bagi mahasiswa untuk penelitian yang relevan. (b) diharapkan dapat memberikan konstribusi ilmu pengetahuan mengenai kompetensi kepribadian guru dan motivasi belajar. Kegunaan praktis: (a) dapat memberikan masukan kepada guru maupun calon guru agar dapat menampakkan sikap-sikap yang bisa diteladani oleh peserta didik sehingga proses belajar mengajar lebih kondusif. (b) memberikan semangat dan sikap yang disukai siswa sehingga lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (Field research).. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 122 siswa dan peneliti mengambil sampel sebesar 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel stratified proporsional random sampling. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu kompetensi kepribadian guru memiliki kategori baik dengan nilai rata-rata 65,3 dan motivasi belajar siswa kelas VII memiliki kategori sedang dengan nilai rata-rata 67,3. Terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa dengan rhitung>rtabel yaitu 5,949>2,048 pada taraf 5% dan rhitung>rtabel 5,949>2,763 pada taraf signifikansi 1%. Besarnya pengaruh variabel X (kompetensi kepribadian guru) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa) adalah sebesar 63,7% dan sisanya yaitu 36,3% variabel Y dipengaruhi oleh faktor lain selain variabel X.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kepribadian guru, Motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:55
Last Modified: 23 Jun 2020 06:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/905

Actions (login required)

View Item View Item