Implementasi total quality management (TQM) dalam pelaksanaan pendidikan di TPQ Nurus Shibyan Pegandon

Fitrotin, Isna (2019) Implementasi total quality management (TQM) dalam pelaksanaan pendidikan di TPQ Nurus Shibyan Pegandon. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya posisi lembaga pendidikan Al-Qur’an TPQ sebagai peletak dasar keagamaan peserta didik. Hal ini menuntut adanya penyelenggaraan TPQ yang efisien dan efektif. Manajemen yang baik sangat diperlukan dalam mengelola TPQ, sejak tahap perencanaan sampai dengan evaluasi agar dapat menghasilkan lulusan yang baik dan bermanfaat di masyarakat. Penjaminan mutu dan perbaikan layanan pendidikan menuju tujuan yang diharapkan tidak dapat tercapai kecuali dengan adanya manajemen.Dengankonsepmanajemenmututerpadu (TQM) diharapkanpencapaiantujuan pendidikandapat tercapai dan tepat sasaran.Adapun rumusan masalah penelitianiniyaitu (1) Bagaimanakonsep Total Quality Management (TQM) dalampenyelenggaraanpendidikan di TPQ NurusShibyanPegandon? (2) Bagaimanaimplementasi Total Quality Management (TQM) dalampenyelenggaraanpendidikan di TPQ NurusShibyanPegandon? Adapun Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana konsep Total Quality Management (TQM) dalampenyelenggaraanpendidikan di TPQ NurusShibyanPegandon. (2) Untukmendeskripsikanbagaimanapelaksanaan Total Quality Management (TQM) dalampenyelenggaraanpendidikan di TPQ NurusShibyanPegandon. Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiancase studyataustudikasus, yang menggunakan bukti empiris bukan hasil eksperimen laboratorium untuk membuktikan apakah suatu teori dapat diimplementasikan pada suatu kondisi atau tidak.Pendekatan yang digunakanadalahkualitatif. Pengumpulan data yang dilakukandengancarawawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakananalisiswacana dan analisisdeskriptif. Tahapananalisis data yang dilakukanterdiridaripengumpulan, reduksi, dan penyajian data. Hasil penelitianinimenunjukkanbahwa: (1) Konsepmanajemenmututerpadupendidikan yang ada di TPQ NurusShibyansudahmemenuhiprinsip-prinsippokok TQM secaraumum. Akan tetapisecarakeseluruhanbelumbelumbisamaksimalkarenaadanyabeberapakendala, sepertitidakkeseluruhantenagapendidik dan elemen yang terlibatmemilikikualitasintelektual yang mumpuni. (2) Pelaksanaan TQM dalampendidikan di TPQ NurusShibyanPegandontergolongsudahbaik, dengandilaksanakannyatahapan-tahapanmanajemenpendidikan. Serta tahapansiklus TQM Plan - Do – Check - Act juga telahdilaksanakandenganbaik dan sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasan Susanto, NanangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management (TQM), Pendidikan, TPQ
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:58
Last Modified: 23 Jun 2020 06:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/906

Actions (login required)

View Item View Item