Pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) Terhadap Kemampuan Siwa Dalam Pemecahan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 2 Sragi

Qomariyah, Dinda Ayu (2024) Pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) Terhadap Kemampuan Siwa Dalam Pemecahan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP Negeri 2 Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620104_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620104_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Kemampuan pemecahan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa saat ini masih tergolong rendah. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dan kurang mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dalam mengatasi masalah ini, penting untuk mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif, seperti model pembelajaran Model eliciting Activities (MEA’s), yang dapat merangsang pemikiran kritis siswa dan meningkatkan kemampuan pemecahan soal HOTS siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan Model Eliciting Activities (MEA’s) dalam pemecahan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi bangun ruang kelas VII SMP Negeri 2 Sragi? 2) Apakah terdapat pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan soal Higher Order Hinking Skills (HOTS) pada materi bangun ruang kelas VII SMP 2 Sragi?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan 259 siswa dan sampel sebanyak 64 siswa dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan uji instrumen, uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan MEA’s pada kelas eksperimen mencapai presentase maksimal sebesar 93,75%. Pengaruh MEA’s terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan soal HOTS memiliki pengaruh yang signifikan hal ini dibuktikan dari uji hipotesis yang diperoleh yaitu, nilai t_hitung= 10,219, untuk t_tabel sesuai dengan df=62 diperoleh t_tabel=1,670 menunjukkan t_hitung> t_tabel maka, H_0 ditolak dan H_a diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) terhadap kemampuan siswa dalam pemecahan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Higher Order Thinking Skills, Model Eliciting Activities, Pemecahan Soal.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:46
Last Modified: 01 Oct 2024 04:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item