Ni'mah, Shofwatun (2024) Problematika pembelajaran mahārah al - kalām li al- mubtadiin pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2023 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220126_COVER _BAB I & BAB V. pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220126_FULL TEXT. pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari pentingnya skill kebahasaan terutama berbicara dengan menggunakan bahasa Arab sesuai dengan kaidah bahasa Arab dan makharijul huruf hijaiyah, pada kenyataannya banyak permasalah yang ditemui dalam pembelajaran mahārah al - kalām li al- mubtadiin, yang di latar belakangi oleh faktor linguistik dan non linguistik sehingga tingkat penguasaan bahasa Arab juga tidak merata yang berpengaruh pada keberhasilan mahasiswa.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : 1. Bagaimana proses pembelajaran mahārah al - kalām li al- mubtadiin pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2023 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan ? 2. Apa saja problematika pembelajaran mahārah al - kalām li al- mubtadiin pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2023 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan? 3. Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran mahārah al - kalām li al- mubtadiin pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2023 UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan ? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer yaitu dosen dan sebagian mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Tahun ajaran 2023/2024 UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku, jurnal dan penelitian terdahulu sebagai penunjang atau pelengkap data. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan teori analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini bahwa pembelajaran mahārah al - kalām li al- mubtadiin Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sudah sesuai dengan langkah - langkah pada pembelajaran, yaitu dosen melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dalam pembelajaran mahārah al - kalām li al- mubtadiin terdapat problematika linguistik yang meliputi : tata bunyi, penguasaan kosakata, dan kaidah bahasa Arab, sedangkan problematika non linguistik meliputi : lingkungan berbahasa dan sarana prasarana.Solusi untuk mengatasi problematika linguistik yaitu dengan menargetkan hafalan 500 - 1000 kosakata dan menyetorkannya dalam jangka waktu satu semester, pengulangan kata yang keliru dalam pelafalannya sampai sesuai dengan arti yang dimaksud, menjelaskan ulang terkait materi yang belum dipahami, adapun solusi untuk mengatasi problematika non linguistik yaitu menciptakan lingkungan berbahasa dan menyediakan fasilitas yang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Māharah Al- Kalām Li Al Mubtadiin | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2024 03:29 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9066 |
Actions (login required)
View Item |