Anggita, Asmanda Lantif (2022) Upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118231_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2118231_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2118231_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang Penelitian ini yaitu bahwa kasus yang sering terjadi di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Pekalongan adalah ketika Upaya guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran terhadap peserta didik. Tugas guru dalam hal ini adalah memahamai aspek-aspek dan indikator-indikator peningkatan mutu pembelajaran dan menemukan strategi baru untuk kemudian mengimplementasikan indikator dan aspek-aspek tersebut dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Hal semacam inilah yang pada akhirnya bisa mengakibatkan mutu dan kualitas pembelajaran Pendidikan agama Islam. Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Upaya guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada bidang studi Pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Metode Penelitian yang digunakan pendekatan Kualitatif menggunakan bentuk penelitian lapangan (field resealrch). Tujuan penelitian studi lapangan adalah untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan sesuatu unit sosial: individu, kelompok, lembaga atau masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah Upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam harus membutuhkan kerja keras dari semua komponen yang ada di sekolah. Salah satunya adalah dari guru pendidikan agama Islam. strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan adalah: (a) membuat perencanaan pembelajaran dengan menyusun silabus dan RPP. (b) memiliki kepribadian personal religious. (c) menggunakan metode yang tepat. (d) menggunakan media pembelajaran yang sesuai (e) memanfaatkan sarana-prasarana guna kepentingan pembelajaran (f) melaksanakan evaluasi (g) mengembangkan program keagamaan (h) dan melakukan perbaikan secara berkala. Guru pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah Kedungwuni Kabupaten Pekalongan telah melaksanakan pembelajarannya dengan taraf baik. Tahap pembelajaran dimulai dengan menyusun silabus dan RPP, menentukan metode dan media pembelajaran, melaksanakan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya, peningkatan mutu, pembelajaran PAI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 07:09 | ||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2024 08:26 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9074 |
Actions (login required)
View Item |