Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik indonesia (PMRI) pada pokok bahasan pecahan di SDN Krapyak Lor 01 Kota Pekalongan

Arifianto, Muchammad Rosyid (2024) Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik indonesia (PMRI) pada pokok bahasan pecahan di SDN Krapyak Lor 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317242_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2317242_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2317242_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran matematika sering dianggap sulit oleh sebagian besar siswa kurangnya minat terhadap pembelajaran matematika menjadikan hasil belajar rendah. Penyampaian materi yang monoton serta kurangnya penerapan pendekatan dan metode pembelajaran menyebabkan siswa kurang aktif dalam berpastisipasi di kelas serta memahami apa yang disampaikan guru. Disinilah pentingya penggunaan pendekatan serta metode pembelajaran yang sesuai dengan usia siswa dan materi yang akan diajarkan. Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bisa menjadi salah satu alternatif dalam masalah ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar pada materi pecahan melalui penerapan pendekatan PMRI di kelas V SDN Krapyak Lor 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Krapyak Lor 01 kota Pekalongan yang berjumlah 26 siswa dengan nilai KKTP individual 75 untuk mata pelajaran matematika, sedangkan KKTP klasikalnya adalah 80%. Teknik pengumpulan data menggunakan, lembar observasi aktivitas siswa, dan hasil tes.Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 57,14%, siklus II 71,43%, dan siklus III 82,15%. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar melalui penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Matematika Realistic Indonesia, Pecahan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:28
Last Modified: 02 Sep 2024 03:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item